Senin, 14 Mei 2018

Ciri-Ciri Daya Tahan Tubuh Menurun


Ciri-Ciri Daya Tahan Tubuh Menurun - Tubuh yang sehat adalah salah satu hal yang dicari-cari oleh setiap orang. Daya tahan tubuh menurun merupakan suatu masalah tersendiri bagi kesehatan tubuh. Daya tahan yang menurunpun kerap sekali memicu terserangnya virus penyakit. Jika tubuh terserang penyakit, otomatis akan menghambat aktivitas kita. Terkadang jika kesehatan tubuh kita sedang membaik, kita lupa memperhatikan kondisi tubuh. Sehingga daya tahan tubuh kita menurun. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu ciri-ciri daya tahan tubuh yang menurun.

1. Mudah terserang flu
Apa Anda termasuk orang yang sering terserang flu, bahkan pada cuaca yang baik sekalipun? Jika iya, ada kemungkinan sistem imun Anda rendah.

Berdasarkan penelitian, orang dengan sistem imun baik paling banyak terkena flu sebanyak 2-4 kali saja dalam setahun. Jika Anda mengalami flu lebih dari jumlah itu, berarti Anda membutuhkan suplemen vitamin untuk menambah kekebalan tubuh Anda.

2. Tubuh Lemas Ketika Bangun Tidur
Ketika bangun tidur tubuh menjadi lemas itu masalah hal yang biasa. Namun jangan sepelekan masalah ini , karena tubuh yang lemas setelah bangun tidur walaupun waktu yang dibutuhkan sudah cukup melebihi batas tidur juga dapat menjadi salah satu ciri daya tahan tubuh yang menurun.

3. Kerontokan Yang Berlebihan
Mengalami masalah rambut rontok memang masalah yang kerap sekali terjadi akibat salah perawatan rambut. Namun kerontokan ini dapt menjadi masalah daya tahan tubuh yang lemah . Jika kerontokan tersebut berlebihan , segeralah konsultasi kedokter agar mendapat cara yang tepat untuk mengatasinya.



4. Terserang Penyakit Herpes
Jika tubuh kamu merasa pegal-pegal dan sesak napas merupakan masaalah penyakit herpes. Penyakit ini juga sering menyerang daya tahan tubuh yang menurun.




Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  • Hindari stres
Stres mampu meningkatkan risiko terjangkit penyakit. Untuk mengelola stres, Anda bisa mencoba meditasi atau yoga untuk menenangkan pikiran. Anda juga dianjurkan menyediakan waktu luang dan memanfaatkannya untuk membaca atau mendengarkan musik favorit agar rileks.
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi 10-20 menit sehari
Kegiatan outdoor bisa membantu Anda terkena sinar matahari yang baik untuk kesehatan karena membantu kerja kalsium dan vitamin D dalam memerkuat tulang dan otot. Terkena paparan sinar matahari juga membuat pikiran Anda terasa lebih rileks sehingga terhindar stres.
  • Penuhi kebutuhan gizi harian
Mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah cukup bisa membantu memenuhi asupan zat gizi harian, sehingga tubuh bisa memperoleh bahan bakar yang cukup untuk beraktivitas. Pertimbangkan juga pentingnya minum susu setiap hari untuk memenuhi asupan protein. Dengan asupan zat gizi dan protein yang cukup, maka kekebalan tubuh akan terjaga.
  • Kurangi kebiasaan merokok
Merokok dapat mengganggu sistem imunitas dan membuat kekebalan tubuh menurun. Tak hanya berisiko terserang kanker dan penyakit jantung koroner, merokok membuat Anda berisiko tinggi terjangkit penyakit infeksi, terutama pada saluran pernafasan. Infeksi pada saluran pernafasan dapat mengganggu kerja selaput lendir yang berfungsi mengeluarkan kuman atau benda asing yang terhirup.


Baca Juga Artikel Lainya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buah Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Maag

Buah Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Maag - Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang menyerang lambung anda. Penyakit maag ...