Minggu, 27 Mei 2018

Cara Mengurangi Mata Minus

Hallo, selamat datang di blog kami www.artikelkesehatan08.blogspot.co.id - Apakah anda sudah tahu Cara Mengurangi Mata Minus? Jika belum, disini kami akan membahas tentang cara mengurangi mata minus. Seperti apa? mari kita simak penjelasanya berikut ini. 

Cara Mengurangi Mata Minus

Mata minus merupakan kelainan yang terjadi pada yang membuat seseorang tidak dapat melihat objek pada jarak jauh. Masalah ini bisa dialami oleh siapapun. Penyebab mata minus biasanya sering membaca sambil berbaring, TV, terpapar monitor radiasi, atau handphone dan sebagainya. Orang dengan masalah ini biasanya memakai kacamata atau lensa kontak. Baca juga: Makanan Khusus Bagi Penderita Diabetes 

Gejala Mata Minus

Mata minus biasa ditandai dari beberapa gejala umum, antara lain: 
  • Frekuensi kedipan yang tinggi saat mencoba melihat lebih jelas
  • Sering memicingkan mata untuk melihat lebih jelas
  • Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan
  • Mata sering tegang dan terasa lelah
  • Sering mengucek-ucek mata
  • Sering pusing

Ada cara agar minus mata benar-benar tidak bertambah lagi, yakni dengan operasi lasik. Dengan lasik, bukan hanya menghentikan penambahan minus pada mata Anda, tapi juga menyembuhkan minus, sehingga mata Anda dapat melihat secara normal. Baca juga: Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Akan tetapi, harga yang dibutuhkan untuk melakukan lasik tergolong cukup ‘mewah’, bisa mencapai Rp 20 juta. Maka dari itu, disini kami akan memberikan tips tak perlu mengeluarkan biaya jutaan. Anda bisa lakukan dengan cara cara sederhana seperti, diantaranya:

1. Hilangkan kebiasaan buruk membaca terlalu dekat
Mungkin secara tidak sadar Anda sering menunduk dan melihat handphone atau buku dengan jarak yang sangat dekat dengan mata, atau mungkin Anda membaca sambil tiduran atau dengan posisi duduk yang tidak benar, sehingga minus pada mata Anda dapat bertambah secara signifikan.

Biasakanlah untuk membaca atau menonton dari jarak yang aman dan dengan posisi tubuh yang tegap. Layar ponsel, televisi, atau komputer pun bisa sedikit diredupkan atau hidupkan reader mode.

2. Gunakan kacamata sesuai kebutuhan
Menggunakan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan Anda merupakan cara yang paling tepat agar minus tidak bertambah. Periksakan mata Anda ke rumah sakit, lalu buatlah kacamata sesuai dengan jumlah minus mata Anda.

Apabila Anda aktif menggunakan handphone atau komputer, sebaiknya gunakan kacamata dengan lensa anti radiasi. Selain minus, Anda juga sebaiknya memeriksakan silindris pada mata Anda, karena silindris juga sangat berpengaruh besar dalam penglihatan Anda.

3. Istirahatkan kontak mata dengan komputer
Jika Anda adalah seseorang yang terbiasa bekerja dengan komputer, luangkanlah waktu minimal setiap dua puluh lima menit sekali untuk beranjak dari tempat duduk Anda. Mengistirahatkan mata, selain ditujukan untuk mengistirahatkan mata Anda, juga untuk menggerakkan badan Anda agar tidak kaku. Sambil mengistirahatkan mata, Anda dapat mengambil air minum, pergi ke kamar mandi, mengambil camilan, melihat-lihat pemandangan dari jendela, atau menghirup udara segar.

4. Lakukan latihan simpel ini untuk mata Anda
Jangan gunakan kacamata saat dirasa kurang diperlukan, misalnya saat Anda berada di dalam rumah atau saat Anda tidak sedang bekerja. Kemudian, latihlah mata Anda dengan melihat suatu benda atau objek yang jauh seperti sawah, bukit, laut, dan tempat-tempat yang memiliki sudut pandang jauh lainnya tanpa menggunakan kacamata.

Anda juga dapat melatih mata Anda dengan melihat benda yang bergerak, seperti orang-orang, kendaraan, atau mainan. Perhatikan setiap gerakan benda itu, fokuskan pandangan Anda hingga bayangan yang Anda lihat utuh dan tidak kabur/berbayang.

Itulah diatas cara mengurangi mata minus yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba

Demikianlah informasi yang bisa akami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih sudah berkunjung


Baca juga artikel kesehatan lainya:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ciri-Ciri Dan Penyebab Thalasemia

Ciri-Ciri Dan Penyebab Thalasemia Thalasemia adalah penyakit turun menurun di mana penyakit ini akan menyerang sistem produksi hem...