Senin, 11 Juni 2018

Penyebab Bisul Pada Anak Dan Pencegahanya

Penyebab Bisul Pada Anak Dan Pencegahanya - Bisul yaitu infeksi kulit yang dimulai pada kelenjar minyak atau folikel rambut dan berukuran sebesar kacang. Pertama-tama, kulit akan berwarna kemerahan pada area infeksi, lalu benjolan lunak mulai muncul. Setelah empat hingga tujuh hari, benjolan tersebut mulai berwarna kuning seiring dengan terbentuknya nanah di bawah kulit. Pada umumnya bisul muncul di leher, wajah, ketiak, bahu dan bagian bokong. Kemunculan bisul biasanya bukan merupakan suatu masalah yang serius, melainkan pertanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi bakter. Bisul merupakan infeksi yang umum terjadi pada orang dewasa dan anak-anak, terasa sakit dan tidak nyaman untuk penderitanya, namun bisulan pada anak jarang menyebabkan komplikasi dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua minggu. 

Penyebab Bisul Pada Anak:
  • Sistem daya tahan tubuh yang turun atau juga lemah
  • Kurang menjaga kebersihan kulit dengan baik dan termasuk diantaranya adalah sekitar bayi
  • Iritasi yang terjadi pada kulit bayi
  • Infeksi yang muncul karena bakteri staphylcoccus aureus
  • Alergi pada jenis makanan tertentu. Dan ingatlah sebaiknya jangan salahkan makanan seperti telur atau juga ikan sebagai penyebab bisul pada anak. Jika si anak mengalami bisul setelah mengkonsumsi makan-makanan tersebut, maka kemungkinan bahwa si bayi memang alergi pada jenis makanan tersebut.
Pencegahan Penyakit Bisul  Pada Anak


Jika terjadi bisulan pada anak, Anda perlu merawatnya dengan seksama dan sebaik mungkin. Jaga bisul tetap bersih sepanjang waktu. Siapkan kompres hangat untuk bisul selama 10 menit beberapa kali sehari untuk mempercepat pengeringan nanah dan juga mempercepat proses penyembuhan. Ketika bisul mulai mengering, oleskan salep antibiotik pada bisul anak dan tutup area bisul dengan kasa steril dan perban. Bisul besar yang menembus jauh ke dalam kulit seringkali memerlukan penanganan berupa operasi. Irisan kecil dibuat pada bisul agar nanah yang berada di dalamnya bisa keluar dan mengering. Antibiotik berupa salep atau obat oral akan diresepkan oleh dokter. Jangan memencet, mencubit atau mengiris bisul sendiri karena dapat mengakibatkan radang dan infeksi lebih jauh di dalam kulit. Jika gejala bisul semakin parah, sebaiknya hubungi dokter.

Selain itu, Bisul dapat menyebar dari satu area ke area kulit lainnya, jadi usahakan untuk menjaga bisul anak tetap tertutup agar area bisul tidak disentuh oleh anak. Gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan area bisul untuk mencegah pertumbuhan bakteri staph pada kulit anak. Biasakan anak untuk mencuci tangan sesering mungkin dan menjaga kebersihan tubuhnya dengan mandi. Jangan berbagi barang pribadi antar anggota keluarga untuk mencegah penularan bisul dan penyakit lainnya.

Bagi anda yang membutuhkan pengobatan herbal, kami merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan Walatra Gamat Emas Kapsul. Untuk info lebih lengkapnya mengenai Obat Herbal Walatra Gamat Emas Kapsul Klik Disini

Demikian ulasan sederhana kami tentang Penyebab Bisul Pada Anak Dan Pencegahanya. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami semoga lekas sembuh. 


Baca juga artikel kesehatan lainya:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buah Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Maag

Buah Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Maag - Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang menyerang lambung anda. Penyakit maag ...