Jumat, 22 Juni 2018

Tips Menambah Berat Badan Yang Sehat

Tips Menambah Berat Badan Yang Sehat - Untuk anda yang saat ini tubuhnya masih saja kurus ingin menaikan berat badan dengan cepat dan aman? Tenang guys, kami punya tips menambah berat badan yang sehat, simak berikut ini.

Tips Menambah Berat Badan Yang Sehat


1. Perbanyak asupan lemak sehat
Ingin memiliki tubuh lebih berisi bukan berarti Anda bebas makan makanan berlemak begitu saja. Bisa-bisa, bukan hanya lemak yang Anda timbun, namun juga penyakit yang menyertainya. Pilihlah lemak sehat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Lemak semacam ini terkandung dalam makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dan apokat.

Jauhi lemak jenuh atau ‘lemak jahat’ yang ada dalam makanan olahan seperti gorengan, es krim, dan makanan siap saji/fast food.

2. Perbanyak konsumsi protein
Protein diperlukan untuk meningkatkan massa otot sehingga berat badan bertambah. Protein juga merupakan salah satu zat pembentuk sel-sel otot, tulang, kulit, rambut, dan darah. Cobalah untuk menambah konsumsi protein dalam diet Anda dengan mengonsumsi makanan seperti daging, keju, susu, ikan, dan telur. Bagi Anda yang vegetarian, protein juga dapat ditemukan dalam produk kedelai seperti tahu dan tempe, serta polong-polongan. Baca juga: Penyebab dan gejala diabetes

3. Pilih makanan berkarbohidrat kompleks
Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Karbohidrat diperlukan untuk membentuk otot dan menunjang fungsi penting organ-organ tubuh. Pilihlah karbohidrat kompleks yang bisa didapatkan dari gandum utuh, beras merah, ubi, dan oat.

Kurangi sumber karbohidrat sederhana seperti nasi putih, kue, gula pasir, dan permen karena kemungkinan besar akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Karbohidrat sederhana ini lebih cepat diubah menjadi glukosa sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Jika dikonsumsi berlebihan, risiko terkena diabetes bahkan bisa meningkat.

4. Perbanyak Minum Air Putih
Biasakan memulai hari dengan meminum air putih karena hal tersebut baik bagi pencernaan tubuh. Baiknya, meminum air putih sebanyak 3-8 gelas sehari. Memperbanyak minum air putih juga membantu tubuh untuk menyerap gizi dalam makanan secara sempurna

5. Hindari Depresi dan Stres
Salah satu pemicu tubuh yang kurus dan kurang berisi di antaranya karena faktor pikiran dan perasaan yang kurang baik. Seperti terjadinya depresi dan stress otak karena berbagai masalah yang terlalu berat dipikirkan hingga membuat tubuh seseorang menjadi kurus dan kurang menarik. Jika sudah seperti itu yang rugi Anda sendiri yang tampil kurang percaya diri akibat postur tubuh yang kurus dan kerempeng serta kurang terlihat menarik

Cara menambah berat badan dalam kasus seperti ini adalah dengan menenangkan pikiran dan hindari depresi atau stress secara berlebihan. Selain berdampak buruk terhadap kualitas performa tubuh, keadaan orak yang terlalu penat juga dapat menimbulkan berbagai penyakit lainnya karena tubuh menjadi lemah dan mudah terserang berbagai penyakit.

6. Jangan Begadang
Tidak semua orang bisa melakukannya apalagi pekerja yang selalu dikejar deadline. Sedangkan, istirahat yang cukup dan tidak begadang memiliki beragam manfaat. Ketika malam hari, perut cenderung lapar dan orang biasanya akan makan. Hal tersebut akan memperberat kerja usus dan hal tersebut tidak baik untuk kesehatan. Begadang juga mampu membuat kulit wajah kusam dan menjadi tidak segar. 

Itulah ulasan sederhana mengenai Tips Menambah Berat Badan Yang Sehat. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil.


Baca juga artikel kesehatan lainya:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya - Napas tak sedap atau bau mulut, tentu saja sesuatu yang memalukan. Bau mulut juga bisa menunju...