Jumat, 06 Juli 2018

Jenis Bisul Yang Membahayakan

Jenis Bisul Yang Membahayakan - Bisul merupakan penyakit kulit menular yang mengandung darah kotor serta timbunan nanah (neutrofil mati) dipermukaan kulit/di dalam kulit. Ciri – ciri umum bisul terlihat menonjol, kemerahan, dan jika diraba terasa hangat. Bakteri adalah penyebab utama bisul, bukan karena infeksi. Bisul merupakan kotoran yang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh melalui alat – alat pengeluaran, sehingga kotoran tersebut keluar melalui pori – pori kulit sehingga menimbulkan peradangan yang menyebar ke daerah kulit. Bisul yang sudah pecah dan mengering akan meninggalkan bekas. Baca juga: Cara mengatasi gatal-gatal pada kulit secara alami dan cepat

Jenis Bisul Yang Membahayakan !


1. Bisul (furunkel)
Bisul yang dikatakan sebagai furunkel yaitu kulit yang meliputi folikel rambut serta jaringan subkutaneus yang alami infeksi. Penyebab furunkel yaitu bakteri stafilokokus, tetapi tidak menutup kemungkinan dikarenakan oleh bakteri lain atau apalagi jamur. Bisul layaknya ini kerap ditemukan di bokong, muka, payudara serta tempat leher. Disamping itu, dapat juga nampak di hidung, telinga serta jari tangan tetapi rasa nyerinya lebih sakit.

Awalannya bisul ini berupa benjolan keras berwarna merah, yang lantas berfluktuasi serta jadi putih atau kuning dibagian tengahnya, dimaksud juga pustula. Bisul ini lalu dapat pecah dengan spontan serta mengeluarkan nanah serta kadang-kadang dibarengi darah. penyakit bisul lalu terkadang dibarengi demam serta tidak enak badan.

2. Karbunkel 
merupakan sekumpulan bisul yang dikarenakan oleh bakteri stafilokokus yang mengakibatkan kulit terkelupas serta terbentuk jaringan parut. Bisul karbunkel ini dapat mengakibatkan demam serta badan capek. Kerap berlangsung pada pria yaitu dibagian leher belakang serta umumnya lebih mudah berlangsung pada mereka yang memanglah mengidap penyakit diabetes, dermatitis serta alami masalah sistem kekebalan tubuh. Bisul karbunkel lalu lebih sukar sembuh daripada bisul tunggal dikarenakan sebagian bisul yang bersatu, mempunyai sebagian titik nanah serta lebih didalam dibawah kulit. karbunkel juga dapat menular ke sisi tubuh yang lain serta orang lain.

Karbunkel bisa mengakibatkan keropeng bila pecah serta jadi kering. Oleh dikarenakan itu, amat dianjurkan untuk menggunakan sabun anti-bakteri, antibiotik per-oral serta antibiotik topikal layaknya cream atau salep. Berikut sebagian penyebab karbunkel :
  • Memiliki tingkat kebersihan yang jelek.
  • Kondisi tubuh yang memanglah tidak fit.
  • Bergesekan dengan pakaian.
  • Pencukuran.
3. Hidradenitis suppurativa
Ada lagi bisul pada tubuh yang disebabkan karena peradangan local pada kelenjar keringat, yang dinamakan “hidradenitis suppurativa”. Bisul jenis ini kebanyakan menyerang daerah pangkal paha dan ketiak dengan jumlah yang banyak, timbulnya lebih dari satu.

4. Kista pilonidal
Satu lagi bisul dengan sebab yang sama dengan bisul pada umumnya, yaitu infeksi folikel rambut. Namun karena posisinya yang berada di lipatan bokong, membuat semakin iritasi dan terjadi tekanan saat duduk, maka terjadilah bisul yang disebut “kista pilonidal”

Penyebab
Sebagian besar bisul disebabkan oleh Staphylococcus aureus, sejenis bakteri yang biasa ditemukan pada kulit dan dalam hidung. Bisul terkadang timbul di lokasi di mana kulit telah rusak oleh cedera kecil atau gigitan serangga yang memungkinkan masuknya bakteri.

Faktor risiko
  • Bersentuhan dengan seseorang yangmemilikiinfeksiStaph: Andalebih mungkin untuk mengembangkaninfeksijika Anda tinggaldengan seseorang yang memilikibisul atau
  • Diabetes: Penyakit ini dapat membuat tubuh sulit untuk melawan infeksi, termasukinfeksi bakteridarikulit.
  • Sistem imun yang terganggu: Jika sistem kekebalan tubuhtergangguuntuk alasan apapun, Anda lebihrentan terhadapbisuldankarbunkel.
  • Kondisi kulit lainnya: Masalah kulit seperti jerawatdan eksim membuat Anda lebih rentan terhadap bisul dan karbunkel.
Gejala Penyakit Bisul:
  • Benjolan merah menyakitkan berukuran seperti kacang polong
  • Benjolan semakin membesar selama beberapa hari karena terisi nanah
  • Kulit di sekitar benjolan menjadi bengkak dan memerah
  • Merasa panas serta sakit agak didalam
Pencegahan
Bisul tidak selalu mungkin untuk dicegah terutama jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, langkah-langkah berikut dapat membantu Anda menghindari infeksi Staph:
  • Cuci tangan secara teratur dengan sabun yang lembut atau gunakan antiseptikberbasis alkohol. Mencuci tangan dengan benar adalah pertahanan terbaik terhadap kuman.
  • Pastikan luka atau lecet tetap bersih dan ditutupi dengan perban kering yang steril.
  • Hindari berbagi barang pribadi seperti handuk, seprai, pisau cukur, pakaian dan peralatanolahraga. Infeksi Staph dapatmenyebar melalui benda serta dari orang ke orang. Jika Anda memiliki luka atau sakit, cucilah handuk dan linen menggunakan deterjen dan air panas dengan menambahkan pemutih dan mengeringkannya dipengering panas.
Salah satu suplemen herbal yang bagus untuk penderita bisul adalah Walatra Gamat Emas Kapsul. Suplemen herbal ini terbuat dari 100% bahan-bahan herbal alami tidak ada campuran bahan kimia sedikitpun di dalamnya dan tidak menimbulkan efek samping negatif. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Klik Walatra Gamat Emas Kapsul


Baca juga artikel kesehatan lainya:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makanan Pasca Operasi Usus Buntu Yang Di Anjurkan

Makanan Pasca Operasi Usus Buntu Yang Di Anjurkan artikelkesehatan08.blogspot.com - Setelah pasca operasi pastinya Anda harus menghi...