Minggu, 01 April 2018

Penyebab Gula Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Penyebab Gula Darah Tinggi Pada Ibu hamil- Gula darah tinggi pada ibu hamil tentu akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan ibi dan janin, sehingga perlu ada penanganan yang tepat. Gula darah yang tinggi pada ibu hamil sering disebut dengan Diabetes Gestational, dimana kondisi ini terjadi karena dipengruhi oleh kehamilan dan hormon pada masa kehamilan. Dan bisa juga terjadi karena insulin yang di produksi ibu hamil tidak mencukupi untuk kebutuhan ibu dan janin, dimana hal ini akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah ibu hamil.


Penyakit diabetes adalah penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang memiliki tugas untuk mengatur kadar gula darah. Saat insulin di dalam tubuh tidak mencukupi atau bahkan tidak bekerja secara optimal oleh sel sehingga menjadikan gula beredar di dalam darah. Konsisi ini juga sering disebut dengan diabetes tipe 1. Ada lagi diabetes tipe 2 kondisi ini terjadi ketika jumlah insulin di dalam tubuh dinilai cukup namun kemampuan sel tubuh tidak dapat mengolah dengan baik atau sering juga disebut dengan resistensi insulin.

Diabetes pada ibu hamil sering juga disebut dengan diabetes gestasional yang diketahui dapat menyerang 5% dari semua ibu hamil. Mengapa diabetes dapat muncul saat hamil? Diketahui perubahan hormon pada ibu hamil memiliki pengaruh pada munculnya diabetes pada ibu hamil. Bukan hanya itu, pada saat hamil penyerapan makanan akan cenderung terlambat karena hal tersebut maka gula akan meningkat dalam kondisi ini insulin sangat dibutuhkan. Pada dasarnya saat memasuki kehamilan wanita cenderung membutuhkan insulin lebih banyak. Ibu hamil yang tidak dapat meningkatkan kadar insulinya maka besar kemungkinan dapat terserang diabetes gestasional.

Tidak semua ibu hamil dapat terserang diabetes namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes gestasional seperti faktor genetik, riwayat keguguran berulang, mengalami diabetes pada kehamilan sebelumnya, pernah melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg, riwayat pernah melahirkan bayi dengan cacat bawaan, obesitas, hingga hamil di usia lebih dari 30 tahun.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Mulut Dengan Garam

Berikut Gejala Diabetes Pada Ibu Hamil:
  • Cepat merasa lelah
  • Cepat haus
  • Frekuensi buang air kecil meningkat
  • Mulut terasa kering
  • Penglihatan kabur

Cara Menurunkan Gula Darah Pada Ibu Hamil

1. Selalu memilih asupan makanan
Pada umunya penyakit gula darah ini di akibat kan oleh meningkat nya kadar gula darah pada tubuh, dan jika kadar gula pada tubnuh anda tidak di atur maka penyakit itu akan menyebar oleh karena itu selalu atur makanan atau asupan pada tubuh jang ada yang ber kadar gula tinggi lebih baik selalu mengkonsumsi sayuran.Kemudian selalu batasi makanan yang berkadar manis agar kadar gula tubuh kamu tetap stabil dan tidak melonjak atau meningkat

2. Selalu konsumsi air putih yang banyak
jangan kan dalam penyakit diabetes pada tubuh normal pun minuym air yang banyak dan ada aturan nya minimal sehari berapa liter ada kan , oleh karena itu selalu konsumsi minum air putih yang banyak untuk ibu hamil.

3. Atur makanan yang mengandung karbohidrat
Jangan hentikan makan ytang bersumber karboohidrat , memang karbohidrat merupakan sumber tenaga dalam tubuh , tapi karbohidrat itu sendiri dapat memicu melonjaknya atau meningkat nya kadar gula darah dalam tubuh , lebih baik anda kurangi makan yang berkarbohidrat namun jangan hentikan ya beda lagi kurangi dan hentikan.

4. Selalu cek up
Selalu lakukan cek up ke dokter dan selalu periksa kadar gula bukan hanya kadar gula sih semua oprgan tubuh pun harus di cek , yang paliung penting jika sedang mengandung kamu mengalami gejala yang aneh jangan di biarkan selalu lakukan pengecekan ke dokter

5. Olahraga 
Selalu lakukan olahraga setiap hari lakukan olahraga yang ringan dan rutin setiap hari agar tubuh anda selalu sehat dan kadar gula darah tidak meningkat stabil , olahraga ini dapat membugarkan atau menyehatkan tubuh anda bukan kan jika bunda sehat insyaallah anak nya juga sehat , karenasehat atau tidak nya anak atau janin tergantung orang yang mengandung nya jika yang m,engandung tidak memikirkan pola makan , jarang nber olahraga maka janin nya pun akan lemah.

Itulah sekilas tentang Penyebab Gula Darah Tinggi Pada Ibu Hami, semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat.


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ciri-Ciri Penyakit Kista Dan Pengobatanya

Hallo, selamat datang kembali di blog www.artikelkesehatan08.blogspot.com disini kami akan memberikan informasi seputar kesehatan dan juga...