Jumat, 30 Maret 2018

Gerakan Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Apakah anda sudah tahu Gerakan Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil? Jika belum, disini kami akan memberikan informasi seputar gerakan olahraga yang aman untuk ibu hamil yang wajib ibu hamil lakukan agar bayi yang di kandungnya sehat dan ibunya pun sehat.


Kehamilan sering membuat tubuh menjadi cepat lelah sehingga membuat kamu ingin terus berbaring santai baik di sofa maupun tempat tidur. Namun perlu Anda ketahui, tidak bergerak aktif di masa hamil justru malah membuat tubuh menjadi tidak bugar dan akan mempersulit proses persalinan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan kekuatan otot tubuh untuk proses persalinan adalah dengan secara rutin melakukan olahraga.


Salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan dan bisa dilakukan sebagian besar ibu hamil adalah senam hamil. Pada umumnya senam hamil meliputi latihan-latihan untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan menjaga sistem kardiovaskular.

Manfaat Senam Kehamilan Secara Teratur, antara lain:

  1. Membuat tidur lebih nyenyak
  2. Membantu menghindari pertambahan berat badan berlebihan
  3. Memperkuat jantung dan paru
  4. Memperkuat sendi
  5. Meredakan nyeri dan sakit yang dirasakan di masa kehamilan
  6. Mengencangkan otot
  7. Meringankan nyeri akibat pertambahan beban pada tulang belakang. Baca selengkapnya: Artikel Kesehatan

Berikut Beberapa Gerakan Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan:

1. Push-up Dinding
Letakan kedua tangan dengan lurus pada dinding seperti hendak mendorong. Lalu gerakan kaki membuka sejajar dengan bahu. Tekuk siku tangan secara perlahan dengan menjaga kelurusan punggung hingga dada dan dagu menempel di dinding. Lalu kembali ke posisi semula dan lakukan hingga 15 kali.

2. Berjongkok
Himpitkan bola senam diantara punggung Anda dan dinding. Buka kaki Anda sedikit dan secara perlahan turunkan badan sambil mengatur nafas hingga membentuk sudut 90 derajat dengan kaki. Lalu kembali ke posisi semula. Anda dapat mengulanginya hingga 10 kali. Gerakan ini kelak akan mempermudah pembukaan jalan lahir untuk bayi.

3. Merangkak
Dapat memperkuat otot-otot di bagian bawah tubuh dan punggung dengan melakukan posisi merangkak. Pastikan tangan sejajar di bawah bahu. Punggung dilengkungkan ke arah dalam sambil menarik napas secara teratur. Luruskan kembali ke posisi semula sambil menghembuskan nafas secara perlahan. Lakukan hingga 10 kali.

4. Senam Lutut
Memperkuat otot-otot kaki akan mempermudah proses persalinan. Anda bisa melakukan senam lutut dengan duduk rileks pada sebuah kursi. Ingat untuk melakukannya dengan kursi yang pendek dan memiliki luas yang cukup lebar. Lalu angkat kaki kanan Anda lurus ke depan kemudian turunkan. Lakukan bergantian dengan kaki kiri hingga 15-25 kali.

5. Pendinginan dan penenangan diri

jika telah melakukan gerakan senam hamil maka langkah akhir adalah melakukan pendinginan dan penenagan diri,iringilah dengan musik klasik atau lembut jika anda melakukan senam hamil bersama seseorang instruktur senam maka Anda akan dipandu untuk mendapatkan sugesti agar mendapatkan kepercayaan diri menghadapai persalinan.

Nah itulah diatas Gerakan Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil, yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan.


Baca juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makanan Buka Puasa Untuk Orang Diet

Makanan Buka Puasa Untuk Orang Diet - Sembarangan dalam memilih menu buka dan sahur justru bisa menggagalkan program diet yang sudah lama ...