Rabu, 26 Desember 2018

Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui

Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui - Bagi calon mama-mama muda, hamil bukan berarti bisa mengkonsumsi semua makanan. Tujuanya supaya janin dalam kandungan selalu dalam kondisi sehat dan normal. Baca juga: Artikel kesehatan

Ada beberapa pantangan makanan yang harus kamu hindari selama hamil, diantaranya berikut ini.

Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil 


1.Makanan Mentah
Berbicara tentang makanan mentah, pasti yang langsung terpikirkan yaitu sushi, sashimi, atau daging setengah matang. Bunda memang harus menghindari makanan mentah karena mengandung bakteri yang dapat menyebabkan cacar janin. Jadi pastikan makanan yang bunda konsumsi sudah matang dengan sempurnanya. Etss, telur setengah matang juga sebaiknya dihindari ya.

2.Buah dan Sayuran Yang Tidak Dicuci
Jika ingin mengkonsumsi buah dan sayuran,harus sudah mencucinya terlebih dahulu. Karena buah dan sayuran yang tidak dicuci mengandung parasit toxoplasma yang berasal dari pupuk atau tanah.

3.Buah Nanas dan Nangka Muda
Buah nanas memberikan efek panas saat dikonsumsi sehingga meningkatkan resiko kelahiran secara prematur. Selain itu, nanas juga mengandung senyawa brolemain yang dapat melunakan serviks.

Sedangkan buah nangka muda memiliki getah yang dapat membuat janin gatal dan plasenta lengket. Jadi pastikan bunda telah membersihkan nangka dengan sempurna sebelum mengkonsumsinya.

4.Makanan Dengan Pengawet dan Pemanis Buatan
Pengawet dan pemanis buatan untuk orang biasa saja sudah cukup berbahaya apalagi untuk ibu hamil. Makanan dengan pengawet buatan dapat menyebabkan gangguan pada otak janin. Jadi, lebih baik bunda membatasi konsumsi makanan berpengawet seperti mie instan, sarden, dan makanan kemasan lainya.

5.Produk Susu Tanpa Pasteurisasi
Susu yang belum melewati proses pasteurisasi dapat saja mengandung sejumlah bakteri seperti Salmonella, Listeria, E.Colli dan Campylobacter. Infeksi dari bakteri diatas dapat mengancam keselamatan nyawa bayi dalam kandungan.

Bakteri-bakteri tersebut bisa saja datang dari tempat penyimpanan yang tidak steril. Oleh karena itu sebaiknya pilih susu dan produk turunanya yang telah di pasteurisasi yang artinya telah bebas dari bakteri.

Hal ini berlaku juga untuk produk keju dan jus buah kemasan.

Selain pantangan makanan di atas, sebenarnya semua makanan yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Jadi, pantau terus pola makanya saat hamil supaya tidak kurang atau berlebihan agar si kecil dapat lahir dengan sehat.

Itulah Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui, yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 





Baca juga artikel lainya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Khasiat Dan Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Khasiat Dan Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit - Tentunya semua orang sudah mengenal daun sirih merah ...