Kamis, 22 November 2018

Bahaya Radang Amandel Dan Cara Menyembuhkanya



Radang amandel merupakan peradangan yang terjadi pada amandel atau tonsil. Kondisi yang dinamakan juga dengan tonsilitis atau tonsilofaringtis ini sebagian besar dialami oleh anak-anak. Amandel atau tonsil adalah dua kelenjar kecil yang terdapat dai dalam tenggorokan. Organ ini berfungsi sebagai pencegahan infeksi, terutama pada anak-anak. Baca juga: artikelkesehatan08.blogspot.com

Penyebab Radang Amandel

Amandel yang terdapat pada tenggorokan mempunyai fungsi untuk melawan kuman dan bakteri, dengan begitu dapat berpotensi amandel mengalami inveksi maupun peradangan. Diantara bakteri yang dapat menyebabkan radang amandel inveksi ialah streptococcus pyogenes. Jenis bakteri ini cukup membahayakan dimana amandel mengeluarkan nanah maupun darah. Anda bisa mengatasi peradangan ini dengan obat anti biotik, namun bila tanda tanda untuk sembuh belum terlihat sebaiknya datang ke dokter agar mendapat pengobatan yang lebih intesive. 

Peradangan amandel yang sudah menahun/hipertrofi dimana ukuranya cukup besar akan dilakukan pengangkatan dengan cara operasi amandel yang dikerjakan dokter ahli biasanya memerlukan waktu 3 hari menginap dirumah sakit. Dengan dilakukan pengangkatan amandel melalui operasi tersebut sedikit memiliki resiko yaitu penurunan terhadap kekebalan tubuh.

Gejala Radang Amandel

  • Merasa sulit atau sakit ketika menelan sesuatu
  • Terasa sakit pada tenggorokan
  • Tonsil berwarna kemerahan dan terjadi pembengkakan
  • Kepala terasa sakit
  • Telinga terasa nyeri
  • Panas dingin
  • Mata terasa sakit
  • Demam
  • Tubuh terasa sakit
  • Demam 
  • Hidung terasa mampet
  • Bau napas kurang sedap
Tips Mencegah Radang Amandel

1.Konsumsi air putih yang cukup
Air putih sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber cairan dalam tubuh, jumlahnya setiap orang masing masing berbeda tergantung usia, namun umumnya dibutuhkan setidaknya 8 gelas/hr atau 2L. Air mineral yg kita konsumsi melalui tenggorakan berfugsi untuk menjaga mulut/tenggorakan tidak kering. Rongga mulut yang terlalu sering kering dapat menyebabkan amandel terinfeksi. Selain itu air putih  membantu amandel agar dapat menjalankan fungsinya utk mencegah bakteri/kuman.

2.Menjaga kebersihan mulut
Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi setiap hari selain dapat mencegah radang amandel juga untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap.

3.Berkumur dengan air garam
Salah satu pencegahan radang amandel secara tradisional adalah berkumur dengan air garam sebab garam sangat baik digunakan untuk pencegahan infeksi amandel. Cara pencegahan ini cukup aman dan tidak berbahaya bisa diterapkan pada anak-anak maupun orang dewasa.

4.Berhenti merokok
Dibahasan terdahulu telah dibahas tentang bahaya merokok, nikotin yang terdapat pada rokok dapat membuat amandel bekerja lebih keras dari biasanya sehingga menyebabkan peradangan hebat.

5.Menghindari minuman yang mengandung alkohol
Bagi anda yang terfinfeksi radang amandel sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman yang beralkohol, sebab mengkonsumsi minuman yang megandung alkohol dapat menyebabkan radang amandel yang luar biasa. Selain itu bahan yang terdapat dalam alkohol mengandung zat yg sifatnya keras serta dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Demikianlah informasi tentang Bahaya Radang Amandel Dan Cara Menyembuhkanya, yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Sponsor by





Baca juga artikel lainya:



1 komentar:

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya - Napas tak sedap atau bau mulut, tentu saja sesuatu yang memalukan. Bau mulut juga bisa menunju...