Kamis, 08 November 2018

Bahaya Tukak Lambung Dan Cara Mengobatinya



Tukak lambung merupakan perlukaan yang terjadi pada lapisan permukaan lambung yang bersentuhan langsung dengan makanan dan isi lambung. Tukak (ulcer) awal mula hanya terjadi pada lapisan mukosa (selaput lendir) di permukaan, namun lambat laun bisa lebih parah dan dalam sehingga melewati lapisan submukosa, lapisan, otot, bahkan bisa sampai tembus berlubang. Baca juga: Bahaya gastritis kronis dan cara mencegahnya

Penyakit tukak lambung dalam bahasa medis disebut sebagai ulkus peptikum (ulkus-tukak-luka). Perlukaan yang terjadi disebabkan terkikisnya lapisan lambung oleh asam lambung yang meningkat, sedangkan pertahanan tubuh tidak mampu menangkalnya. Selain menyebabkan lambung luka, asam lambung juga dapat menyebabkan luka pada mukosa esofagus (kerongkongan) atau pada mukosa duodenum (bagian pertama usus kecil).

Tukak lambung adalah penyakit yang banyak terdapat di masyarakat, dapat menyerang semua orang pada segala umur. Meski begitu, kondisi ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita dan lebih sering terjadi pada usia lebih dari 60 tahun.

Apa gejala tukak lambung?
  • Nyeri kambuh-kambuhan selama beberapa hari hingga beberapa minggu
  • Nyeri timbul 2-3 jam sehabis makan atau tengah malam saat perut kosong
  • Nyeri dapat hilang jika makan atau minum obat antasida

Gejala komplikasi tukak lambung

Jika dibiarkan tak diobati, tukak lambung bisa menimbulkan komplikasi serius. Salah satu kondisi komplikasi yang dapat terjadi adalah pendarahan di ulkus. Pendarahan yang terjadi perlahan bisa mengakibatkan anemia, yang dicirikan dengan gejala kelelahan, sesak napas saat beraktivitas, dan kulit pucat.

Pendarahan yang lebih cepat dapat mengakibatkan melena, yang dicirikan dengan tinja yang menghitam dan teksturnya sangat lengket. Atau mungkin di tinja terdapat banyak darah berwarna merah gelap.

Pendarahan di ulkus juga dapat membuat penderitanya muntah-muntah. Ciri khas dari muntahannya mungkin tampak merah darah atau mirip ampas kopi. Orang tersebut juga mungkin menjadi mudah pingsan. Kondisi komplikasi ini dapat sangat berbahaya sehingga harus segera ditangani oleh dokter.

Penyebab tukak lambung secara umum
  • Infeksi Helicobacter pylori; bakteri ini menghasilkan toksin untuk menipiskan selaput pelindung, merusak jaringan lambung, dan meningkatkan asam lambung.
  • Konsumsi minuman keras; alkohol dapat menipiskan selaput pelindung dan meningkatkan asam
  • Penggunaan obat anti inflamasi non-steroid (OAINS) jangka panjang; meningkatkan risiko ulkus lambung, terutama pada lansia
  • Peningkatan asam lambung;makanan pedas, minuman mengandung kafein (termasuk kopi, teh, kola) merokok dan stress.

Bagaimana Cara Mengobati Tukak Lambung?

Pengobatan yang diupayakan oleh dokter untuk mengatasi masalah tukak lambung biasanya akan mempertimbangkan beberapa faktor. Salah satu faktor utama yang dipertimbangkan adalah penyebab dari penyakit yang diderita pasiennya.

Karena itu ada sejumlah hal yang dijadikan tujuan utama dalam mengobati tukak lambung untuk membunuh bakteri H. pylori, untuk mengurangi atau mengeliminasi konsumsi obat OAINS, dan untuk membantu penyembuhan luka ulkus di dinding lambung atau usus halus.

Apabila penyebab tukak lambung infeksi bakteri H. pylori, maka dokter kemungkinan akan meresepkan antibiotik untuk membunuhnya. Antibiotik yang diresepkan biasanya adalah amoxicillin, metronidazole, tetracycline, clarithromycin, atau levofloxacin.

Obat antibiotik mungkin akan diresepkan untuk dikonsumsi 2 minggu. Selama mengonsumsi antibiotik, Anda juga mungkin akan diberikan resep obat lain untuk mengurangi atau menghambat produksi asam lambung.

Dengan metode pengobatan seperti di atas, sering kali penyakit tukak lambung sudah dapat diatasi. Akan tetapi jika gejala-gejalanya tetap tidak membaik atau luka ulkus tidak kunjung sembuh, dokter akan meminta pasien menjalankan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Solusi pengobatanya dengan produk herbal anda dapat simak langsung hanya di website resmi kami berikut ini=>>QNC JELLY GAMAT

Sponsor by



Itulah sekilas tentang Bahaya Tukak Lambung Dan Cara Mengobatinya, yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.





Baca juga:



1 komentar:

Makanan Pasca Operasi Usus Buntu Yang Di Anjurkan

Makanan Pasca Operasi Usus Buntu Yang Di Anjurkan artikelkesehatan08.blogspot.com - Setelah pasca operasi pastinya Anda harus menghi...