Senin, 19 November 2018

Macam-Macam Penyakit Kista Dan Cara Mengatasinya

Macam-Macam Penyakit Kista Dan Cara Mengatasinya 


Kista adalah suatu tumor jinak yang bentuknya seperti kantung kecil berisi cairan yang bisa berkembang di dalam ovarium atau indung telur wanita. Kista tidak hanya dapat tumbuh di ovarium atau indung telur wanita saja, tetapi juga dapat tumbuh di paru-paru, usus dan bahkan di otak. Penyakit kista dapat disebabkan oleh polusi udara dan debu. Ukuran kista bervariasi, mulai 2 cm hingga lebih dari 40 cm, dengan berat mencapai 8 kg. Kista sering ganas atau menjadi kanker pada ibu di atas usia 45 tahun. Baca juga: Penyebab migrain dan cara mengatasinya

Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan. Didalamnya terdapat sekumpulan sel-sel tumor yang terpisah  dengan jaringan normal disekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah kenapa  tumor jinak relatif lebih mudah mengatasinya  baik secara pembedahan ataupun pengobatan lainnya dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Namun kista juga bisa bermutasi menjadi ganas. Berdasarkan tingkat keganasannya kista ini terbagi menjadi dua yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik bersifat jinak dan biasanya akan mengempis setelah 2 sampai 3 bulan. Sementara neoplastik biasanya harus dioperasi, itupun tergantung pada ukuran dan juga sifatnya. 

Kista adalah sebuah kantung berbentuk bulat atau kistik yang biasanya berisi cairan kental, nanah, atau bahkan udara. Ukuran kista ini juga bermacam-macam mulai dari berukuran kecil seperti buah anggur hingga besar yang bisa mengganggu jaringan lain di sekitarnya.

Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan. Didalamnya terdapat sekumpulan sel-sel tumor yang terpisah  dengan jaringan normal disekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah kenapa  tumor jinak relatif lebih mudah mengatasinya  baik secara pembedahan ataupun pengobatan lainnya dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Macam-Macam Penyakit Kista

1. Kista epidermoid
Kista epidermoid adalah pembengkakan jinak yang tumbuh di bawah kulit. Kista ini bisa muncul pada bagian kulit manapun, seperti wajah, leher, kepala, punggung, dan alat vital. Biasanya kista epidermoid jarang menimbulkan masalah. Namun pada beberapa kasus, kista jenis ini dapat mengganggu penampilan, terasa nyeri, pecah, atau mengalami infeksi.

2.Kista ovarium
Kista ovarium merupakan benjolan atau kantong berisi cairan yang tumbuh di ovarium atau indung telur wanita. Kondisi ini tergolong umum dialami oleh wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Kemunculan kista ovarium cenderung tidak menyebabkan gejala. Namun jika kista ovarium tumbuh hingga berukuran besar dan pecah, maka dapat menimbulkan gejala yang serius, seperti demam, pingsan, pusing, bernapas dengan cepat, dan nyeri panggul atau perut yang parah.

3.Kista ganglion
Kista ganglion adalah benjolan jinak yang muncul di sepanjang persendian. Biasanya, kista ganglion sering terjadi di pergelangan tangan atau ruas jari tangan. Meskipun jarang terjadi, kista ini bisa muncul di tempat lain, seperti di ujung jari tangan, lutut bagian luar, pergelangan kaki, dan punggung kaki.

4.Kista payudara
Kista payudara adalah benjolan berisi cairan yang tumbuh pada jaringan payudara. Kista jenis ini umumnya jinak atau tidak berkembang menjadi sel kanker. Dalam beberapa kasus, kista payudara tidak memerlukan penanganan serius, kecuali jika kista semakin membesar dan menimbulkan rasa nyeri.

5.Kista ginjal
Kista ginjal adalah kantong berbentuk bulat berisi cairan yang terbentuk di dalam ginjal. Kista ginjal yang umum terjadi adalah kista ginjal sederhana. Kista jenis ini merupakan kista jinak dan tidak berkembang menjadi kanker, serta jarang menyebabkan komplikasi serius. Biasanya, kista ginjal sederhana tidak menimbulkan gejala sama sekali. Namun, gejala akan muncul ketika kista tumbuh cukup besar atau sudah terinfeksi. Gejala-gejala tersebut meliputi, demam, rasa nyeri di punggung, pinggang atau perut bagian atas, sering buang air kecil, dan terdapat darah dalam urine.

6.Kista dermoid
Kista dermoid merupakan pertumbuhan kantong di tubuh secara abnormal yang berisi bermacam-macam struktur jaringan, seperti folikel rambut, kelenjar keringat, gigi, dan jaringan saraf. Kista ini dapat muncul di permukaan kulit ataupun organ lain di dalam tubuh, misalnya tulang belakang, otak, di dalam hidung, rongga sinus, rongga perut, dan indung telur.

Tips mencegah kista
  • Perbanyak konsumsi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas
  • Hindari terlalu banyak konsumsi makanan berlemak karena makanan berlemak sulit dipecah sehingga menimbulkan tumor
  • Jaga kebersihan di daerah kemaluan
  • Segera periksa jika mengalami tanda-tanda/gejala di atas
Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat. Terimakasih Atas Kunjunganya !

Sponsor by






Baca juga:




2 komentar:

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Kunyit

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Kunyit artikelkesehatan08.blogspot.com - Permasalahan pada lambung rasanya sering dialami oleh ...