Senin, 21 Mei 2018

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi


Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi - Makanan menjadi salah satu faktor utama yang mengakibatkan terjadinya kolesterol tinggi. Perlu Anda ketahui ada beberapa Pantangan Makanan Penderita Kolesterol Tinggi, simak ulasanya berikut ini. Baca juga: Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa Secara Alami

Penjelasan Tentang Penyakit Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi yang mengacu pada meningkatnya kadar zat lilin dalam lemak tubuh. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel-sel yang sehat, akan tetapi kolesterol juga dapat menimbulkan beberapa efek negatif jika ada dalam jumlah yang lebih besar dari apa yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi normal. Jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh menyebabkan penyimpanan lemak terbentuk dalam pembuluh darah dan berpotensi sebagai penyumbat atau penghalang, yang membuat darah lebih sulit mengalir melalui arteri. Selain itu, karena kolesterol menumpuk di dalamnya, arteri cenderung mengeras, menyebabkan suatu kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis. Penyakit ini dapat menyebabkan masalah yang berhubungan dengan jantung karena membatasi aliran darah, yang mana jika tidak diobati, dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung. Stroke terjadi ketika otak tidak mendapatkan pasokan yang cukup dari darah dan oksigen, sementara serangan jantung terjadi ketika jantung tidak menerima pasokan oksigen yang cukup untuk berfungsi dengan baik.

Penyebab kolesterol tinggi adalah ketidakseimbangan proporsi lemak dalam darah. Lemak/lipid yang dapat diukur dalam darah ada berbagai jenis, yaitu:
  1. Low-density lipoprotein (LDL) merupakan si kolesterol jahat. Jenis kolesterol ini kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.
  2. High-density lipoprotein (HDL) dikenal juga dengan sebutan kolesterol baik. Kadar HDL yang tinggi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.
  3. Trigliserida yang tinggi juga merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung dan pembuluh darah.

Tanda atau Gejala Kolesterol Tinggi:
  • Sering mengalami sakit di belakang kepala.
  • Pandangan mata menjadi kabur atau telinga berdengung.
  • Kesemutan berlebihan di bagian tangan dan kaki.
  • Rasa nyeri di dada ketika mengalami stres atau melakukan kegiatan fisik yang berat.
  • Tubuh mudah lelah.
  • Warna kulit berubah menjadi biru atau gelap karena tidak menerima aliran darah yang cukup akibat penyumbatan.
  • Jika sudah parah, akan terjadi gumpalan putih di kulit.
Berikut ini Pantangan Makanan Penderita Kolesterol Tinggi, diantaranya:


1. Makanan dengan lemak tinggi
Makanan lemak tinggi seperti santan, susu sapi full cream, kerang putih, kopi yang ditambah creamer, coklan, dan margarin/mentega.

2. Daging unggas
Pantangan daging unggas meliputi daging ayam, bebek, itik, angsa dan lain sebagainya. Daging unggas tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol, terutama kulit dagingnya. Mengonsumsi daging unggas beserta kulitnya yang memiliki kandungan lemak 3 kali lipat lebih banyak dibanding dnegan mengonsumsi dagingnya saja. Namun, sesekali penderita kolesterol dapat mengonsumsi daging unggas dengan syarat tidak mengonsumsi dengan kulitnya dan dalam porsi yang berlebihan.

3. Berbagai macam jeroan
Memang, jeroan masih menjadi panganan yang gemar dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. Padahal jenis makanan ini sama sekali tidak sehat. Jeroan memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, sehingga jeroan tidak boleh dikonsumsi terlalu berlebihan, terutama bagi penderita kolesterol tinggi. Apapun bagian jeroan, baik jeroan sapi, ataupun jeroan lainnya merupakan jenis makanan yang harus dihindari.

4. Pantangan berikutnya. Makanan dengan olahan daging sebagian besar mengandung lemak tinggi untuk penambah rasa gurih dan lezat. Salah satu contoh makanan olahan daging yang tidak boleh dikonsumsi penderita kolesterol adalah sosis. Baik itu sosis ayam ataupun sapi. Semuanya dibuat menggunakan daging beserta lemaknya.

5. Pizza
Pizza adalah makanan yang berasal dari luar dan sekarang sudah tersebar di negara lain, termasuk indonesia. Pizza ini memiliki beberapa jenis serta harga yang terjangkau. Namun sebagian orang ada yang menyukai dan ada juga yang tidak. Semua penyakit atau masalah apapun pasti memiliki hal yang tidak boleh di lakukan. Pizza merupakan makanan cepat saji dan pantangan makanan kolesterol tinggi adalah pizza. Bagi masyarakat yang memiliki penyakit kolesterol ini tidak boleh atau di larang keras untuk mengkonsumsi atau memakanya. Burger dan sejenisnya juga tidak dianjurkan.

6. Makanan Seafood
Makanan seafood, terdiri dari udang, cumi-cumi, lobster, kerang dan kepiting. Jenis makanan ini memiliki rasa yang sangat lezat sekali bila di konsumsi. dan makanan ini tidak boleh di konsumsi pada penderita kolesterol. Pantangan makanan kolesterol tinggi adalah makanan seafood. seafood. 

Itulah Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi, yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih sudah berkunjung :)



Baca juga artikel lainya:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya - Napas tak sedap atau bau mulut, tentu saja sesuatu yang memalukan. Bau mulut juga bisa menunju...