Jumat, 25 Mei 2018

Makanan Khusus Bagi Penderita Diabetes




Bagi para diabetes menjaga pola makan sehat menjadi hal penting. Baik dari jenis, jumlah, dan jadwal makan akan menentukan tingkat kesehatanya. Inilah makanan aman bagi pengidap diabetes.

Mengapa diabetes itu harus menjaga pola makanya? Diabetes adalah penyakit akibat kurangnya jumlah insulin ataupun resistesi insulin. Kondisi ini menyebabkan diabetes perlu bersikap bijaksana agar kadar gula atau glukosa tidak melonjak tajam. Disini diabetes harus pandai memilih makanan dengan indeks glikemik rendah dan menyediakan nutrisi dan mineral yang cukup. 

Berikut ini ada beberapa makanan yang baik dan aman untuk penderita diabetes, diantaranya:

1. Sayuran Bayam
Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Dari hasil riset yang dilakukan di inggris mengungkapkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi lebih banyak dalam satu hari serta sayuran berdaun hijau lain dapat mengurangi resiko diabetes jika dibanding orang yang lebih sedikit mengkonsumsi bayam. Hal itu karena sayur daun hijau memiliki kandungan yang kaya akan vitamin K dan folat, mineral magnesium, potasium, fosfor serta seng. Sayuran bayam juga memiliki kandungan lutein, zeaxanthin serta flavonoid lain. Senyawa lutein dalam bayam bisa membuat normal kadar glukosa yang ada dalam tubuh.

2. Sayuran Brokoli
Sayuran untuk diabetes selanjutnya adalah Brokoli. Dari hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sayuran brokoli memiliki kandungan senyawa sulforaphane yang dapat memperbaiki serta memproteksi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskuler yang disebabkan oleh penyakit diabetes.
Senyawa Sulforaphane bisa menyebabkan proses anti inflamasi, membuat meningkat detoksifikasi alami, mengendalikan jumlah glukosa darah, dan mampu membuat menigkat produksi enzim yang bisa mengontrol senyawa kimia yang bahaya pemicu kanker. Sayuran brokoli juga memiliki kandungan unsur kromium yang dapat membantu membuat meningkat sensitivitas insulin tubuh.

3. Buah Tomat
Dari hasil riset di Australia mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah tomat secara rutin setiap hari bisa membuat resiko terjadinya penggumpalan darah berkurang yang biasanya terjadi pada pengidap penyakit diabetes. Penggumpalan darah tersebut bisa mengakibatkan komplikasi diantaranya penyakit stroke, serangan jantung serta penyakit bahaya lain. Tomat juga memiliki kandungan zat besi, vitamin A, vitamin E, serta antioksidan. Tomat juga mempunyai kandungan lutein serta likopen yang berguna bagi perlindungan ginjal serta pembuluh darah dari efek kerusakan penyakit diabetes.

4. Kunyit
Kunyit mengandung curcumin yang dikenal bisa mengontrol metabolisme lemak pada tubuh. Kandungan ini berperan pada sel pankreas, sel lemak, sel otot, serta sel ginjal yang dengan langsung dapat meredakan peradangan serta mencegah nekrosis tumor. Campuran semua faktor tersebut diyakini dapat membuat curcumin bisa mengatasi resistensi insulin, kadar gula darah tinggi, kolesterol, serta penyakit lain terkait kegemukan.

5. Ubi Jalar
Dari sebuah analisis menunjukan bahwa bahan ubi jalar dapat menurunkan HbA1c sejumlah 0,3 sampai 0,57 persen serta dapat membuat pemprosesan gukosa darah lebih cepat sejumlah 10 sampai 15 point. Bahan ubi jalar juga memiliki kandungan antosianin yaitu pigmen alami yang memberi warna orange. Kandungan senyawa tersebut berguna untuk zat anti peradangan, anti mikroba serta anti viral. Ubi jalar juga meiliki kandungan serat serta vitamin A. Ubi jalar dapat dipakai sebagai alternatif menggantikan kentang karena ubi jalar memiliki indeks glukosa yang lebih rendah dibandingkan kentang.


6. Yogurt dan Susu Rendah Lemak
Disamping gula, hal lain yang perlu menjadi perhatian bagi pengidap diabetes adalah lemak. Sebagian besar pengidap penyakit diabetes tipe 2 disebabkan oleh lemak jahat yang menumpuk pada tubuh yang bisa mengakibatkan tubuh tak peka terhadap insulin. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi yogurt dan susu rendah lemak supaya memnuhi kebutuhan akan lemak baik, vitamin D serta kalsium pada tubuh.

Hasil riset dari University of Cambridge mengungkapkan bahwa mengonsumsi yogurt rendah lemak bisa membuat resiko terkena penyakit diabetes turun sampai 28 persen jika dibanding orang yang tidak mengonsumsi sama sekali. Para ahli juga yakin mikroba yang ada pada yogurt berguna menurunkan peradangan yang biasanya terjadi pada penderita penyakit diabetes.

Nah, itulah diatas makanan khusus bagi penderita diabetes yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Terimakasih sudah berkunjung di blog kami www.artikelkesehatan08.blogspot.co.id yang akan  selalu memberikan informasi seputar kesehatan dan juga akan memberikan solusi pengobatanya yang alami dan aman tanpa menimbulkan efek samping yakni dengan obat herbal Walatra Gamat Emas Kapsul


Baca juga artikel kesehatan lainya:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Migrain Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Migrain Dan Cara Mengatasinya - Migrain adalah gangguan sakit kepaala yang terjadi hanya pada satu sisi saja. Seseorang yang t...