Minggu, 07 Oktober 2018

Pantangan Makanan Setelah Operasi Batu Empedu

Pantangan Makanan Setelah Operasi Batu Empedu - Hallo, selamat datang di blog www.artikelkesehatan08.blogspot.com, disini kami akan memberikan informasi seputar kesehatan dan juga akan memberikan tips pengobatanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Pantangan Makanan Setelah Operasi Batu Empedu, simak ulasanya berikut ini.

Pantangan Makanan Setelah Operasi Batu Empedu

  • Makanan yang mengandung santan
Yang harus dihindari para pasien pasca operasi batu empedu yaitu makanan yang mengandung santan. Makanan yang mengandung santan ini berpotensi mengakibatkan adanya pengendapan batu empedu yang baru. Untuk itu sebaiknya anda teliti dalam memilih makanan pasca operasi batu empedu. Berhentilah konsumsi makanan bersantan demi kesehatan anda.
  • Makanan olahan
Makanan olahan yang dimaksud disini seperti kue, donat, sosis, dan sebagainya. Makanan tersebut merupakan makanan yang sudah diolah dan proses pengolahannya mengandung kadar lemak yang tinggi. Untuk itu bagi anda yang baru saja menjalani operasi batu empedu, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan olahan.
  • Daging
Untuk anda yang sangat suka makan daging mungkin akan sangat sulit menghindari makanan yang satu ini, namun ketahuilah bahwa daging mempunyai kadar lemak yang sangat tinggi. Hal ini bisa menyebabkan anda mengalami masalah pencernaan seperti diare, kembung, dan sakit perut setelah anda mengkonsumsi daging. Pasca operasi batu empedu anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging selama masa penyembuhan dalam waktu beberapa minggu. Kalaupun anda sudah merasa sehat kembali, usahakan mengurangi jumlah komsumsi daging.
  • Makanan pedas
Bagi anda pecinta makanan pedas, anda harus mencoba untuk mengurangi konsumsi makanan pedas pasca operasi empedu. Makanan pedas ini berpotensi melukai kandung empedu, dan membuat kandung empedu iritasi. Bagi anda yang baru saja melakukan operasi empedu juga sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan pedas.

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Operasi Batu Empedu
  • Ikan tuna
Ikan tuna mempunyai kadar protein yang tinggi dan sangat dianjurkan untuk pasien pasca operasi empedu sebagai sumber protein. Kandungan omega 3 dalam ikan tuna berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh anda. Anda abis mengkonsumsi ikan tuna sebanyak 3 ons per hari untuk menjaga jumlah kolestrol tubuh.
  • Ikan salmon
Selain ikan tuna yang bagus untuk dikonsumsi bagi penderita batu empedu, ikan salmon juga memiliki omega 3 yang tidak kalah dengan ikan tuna. Namun, anda harus memperhatikan jumlah ikan salmon yang anda konsumsi. Pastikan and amengkonsumsi ikan salmon dalam jumlah sedikit karena dapat menyebabkan kenaikan kolestrol jika dikonsumsi terlalu banyak. Konsultasikan juga dengan dokter jika ada masalah pada pencernaan anda setelah makan ikan salmon. Jika and amerasa baik-baik saja, maka anda bis amengkonsumsi ikan salmon.
  • Mentimun
Kandungan air dalam mentimun bermanfaat unuk membersihkan racun yang terdapat dalam hati. Selain itu juga, bayam mengandung banyak vitamin B, secoisolariciresinol, lariciresinol, dan pinoresinol. Anda bisa mengkonsumi mentimun dengan membuat jus mentimun. Campuran jus mentimun dan wortel sangat baik untuk penderita batu empedu.
  • Sayur lobak
Makanan Pasca Operasi Batu Empedu selanjutnya adalah sayur lobak. Sayur lobak dikenal dengan sumber makanan yang dapat menyembuhkan batu empedu. Lobak hitam merupakan jenis lobak terbaik yang bagus untuk dikonsumsi pasien pasca operasi batu empedu. Lobak berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah, menurunkan kadar lipid, dan meningkatkan kadar HCL. Selain itu, mengkonsumsi lobak setiap hari bisa membantu meringankan rasa sakit bagi penderita batu empedu. Hal itu berdasarkan penelitian pada tahun 2012 dalam Jurnal Biomedik dan Bioteknologi.
  • Nasi merah
Konsumsi nasi putih bagi pasien pasca operasi empedu tidaklah dianjurkan, karena kandungan karbohidrat yang terlalu kompleks membuat tubuh lelah bekerja. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi nasi merah yang aman bagi pasien pasca operasi. Nasi merah mengandung zat mangan yang dapat membantu mengurangi kadar lemak di dalam tubuh. Nasi merah ini aman dikonsumsi karena tidak akan meningkatkan lemak dalam tubuh anda.
  • Apel
Buah-buahan segar yang dianjurkan untuk dikonsumsi pasca operasi empedu adalah apel. Buah apel memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin C, pektin, antioksidan, kalsium, fosfor, asam ursolat, dan masih banyak kandungan yang baik terkandung dalam apel. Kandungan asam yang terdapat dalam apel dapat membantu melunakkan batu empedu yang ada di dalam tubuh. Bagi anda yang pasca operasi khawatir batu empedu akan terbentuk kembali, konsumsi buah apel sebanyak 3 kali dalam sehari untuk membantu menjaga kondisi anda.

Bagi Anda yang saat ini sedang menderita batu empedu dan ingin sembuh tanpa operasi. Tenang, anda tidak perlu khawatir kini telah hadir Cara Mengobati Batu Empedu secara alami, aman, tanpa operasi. Klik Disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya - Napas tak sedap atau bau mulut, tentu saja sesuatu yang memalukan. Bau mulut juga bisa menunju...