Senin, 29 Oktober 2018

Bahaya Batuk Rejan Pada Anak Dan Cara Mengobatinya

WASPADA!! Bahaya Batuk Rejan Pada Anak 



Bahaya Batuk Rejan Pada Anak Dan Cara Mengobatinya - Batuk rejan adalah penyakit infeksi akut yang menyerang saluran nafas dan disebabkan oleh kuan Bordetella pertusis atau Hemofilus pertusis yang ditandai dengan batuk ngikil (terus menerus sampai terpingkal-pingkal) dan diselingi dengan bunyi melengking yang khas. Penularan penyakit ini cukup mudah dan cepat, yakni melalui udara yang tercemar kuman Bordetella pertusis atau Hemofilus pertusis. Anak yang mengalami batuk rejan, biasanya batuknya "awet" atau tidak sembuh-sembuh dalam waktu relatif lama. Pertusis atau batuk rejan dapat berlangsung selama 6 pekan atau lebih (sering disebut juga batuk 100 hari).

Gejala Batuk Rejan

Gejala seperti demam, batuk berulang-ulang, napas berbunyi, hingga batuk yang disertai dengan muntah. Gejala tersebut dapat membuat anak menjadi sulit tidur dan tidak nafsu makan.

Agar tidak mengganggu tumbuh kembang anak, batuk rejan harus segera diatasi. Pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi batuk rejan ialah memastikan lingkungan di sekitar anak tetap bersih. Virus dan bakteri yang terdapat dalam lingkungan yang kotor dapat semakin memperparah batuk rejan.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan terapi uap dengan cara meneteskan minyak kayu putih pada air hangat. Lalu biarkan anak menghirup uap yang keluar dari air tetesan minyak kayu putih tersebut. Yang juga tidak kalah penting yaitu jauhkan anak dari paparan asap rokok.

Bila cara tersebut di atas tidak membuat anak membaik, Anda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa memberikan pengobatan terbaik untuk anak Anda. Batuk rejan biasanya terjadi lebih lama dibandingkan batuk biasa. Maka, diperlukan kedisiplinan dalam memberikan pengobatan pada anak. Bila obat sudah habis, namun anak tidak kunjung membaik, segera berkonsultasi kembali dengan dokter.

Dengan melakukan pemeriksaan lanjutan, dokter bisa memberikan dosis tambahan atau obat yang berbeda dari sebelumnya. Selain melakukan pengobatan, Anda juga sebaiknya berusaha untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, yang akan membantu proses penyembuhannya.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami www.artikelkesehatan08.blogspot.com



Obat sakit gigi tradisional

1 komentar:

Makanan Pasca Operasi Usus Buntu Yang Di Anjurkan

Makanan Pasca Operasi Usus Buntu Yang Di Anjurkan artikelkesehatan08.blogspot.com - Setelah pasca operasi pastinya Anda harus menghi...