Selasa, 07 Agustus 2018

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kista Ovarium

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kista Ovarium - Kista ovarium merupakan kantung yang diisi dengan bahan cair atau semiliquid yang muncul di ovarium. Meskipun penemuan kista ovarium menyebabkan kecemasan yang cukup besar pada wanita karena ketakutan akan keganasan, sebagian besar lesi ini jinak. Baca juga: Penyebab radang sendi dan cara menyembuhkanya

Apa penyebab kista ovarium?
  1. Masalah keseimbangan hormon - Wanita yang mengalami masalah keseimbangan hormon sehingga menderita PCOS maka bisa mengalami kista ovarium dengan resiko yang lebih tinggi. Pada dasarnya ketika tubuh tidak menghasilkan hormon yang cukup untuk membentu folikel sehingga folikel tidak bisa melepaskan sel telur. Kondisi inilah yang kemudian bisa menyebabkan terbentuknya kista folikel. Masalah penyakit ini bisa memicu kondisi lain termasuk seperti masalah hormon dalam tubuh, penyakit jantung dan gangguan sistem reproduksi.
  2. Menopause - Menopause sering terjadi akibat tanda tanda menopause dini. Untuk wanita yang akan masuk dalam masa menopause maka ovarium memang sudah tidak menghasilkan sel telur lagi. Kemudian folikel tetap terbentuk pada bagian ovarium yang kemudian berkembang karena berisi cairan. Untuk wanita menopause yang mengalami hal ini maka biasanya kista bisa berpeluang menjadi kanker ovarium.
  3. Masalah pertumbuhan sel tidak normal dalam rahim - Wanita yang memiliki masalah pertumbuhan sel tidak normal dalam rahim juga bisa mengalami kista ovarium. Jaringan pada bagian ovarium bisa  berkembang cepat kemudian menjadi kantung yang berisi cairan atau lendir yang padat. Nah kemudian kista bisa berisi rambut, gigi atau kulit. Ini termasuk jenis kistadenoma. Jadi sebenarnya jenis kista ini bisa disebabkan karena sel-sel endometrium rahim terus tumbuh di bagian luar rahim. Akibatnya sel terus berkembang dan menyebabkan kondisi pertumbuhan kista ovarium.
  4. Tubuh memiliki sistem kekebalan yang rendah - Orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah juga sering terkena kista ovarium. Masalah terletak pada sistem metabolisme yang bisa menyebabkan ovarium dan sel telur yang dihasilkan tidak matang sempurna. Kemudian masalah ini juga sering memicu terjadinya kista ovarium dalam jangka panjang. Pemicu masalah ini juga sering terjadi pada orang yang terkena stres, kurang tidur dan kebiasaan hidup yang kurang sehat.
  5. Kebiasaan meminum alkohol - Wanita yang memiliki kebiasaan minum alkohol juga bisa terkena kista ovarium. Alkohol bisa menyebabkan dampak serius untuk fungsi alkohol. Awalnya ovarium masih bisa menghasilkan sel telur namun biasanya sel telur mengalami kerusakan sebelum matang. Lalu sel yang sudah rusak bisa berkembang menjadi kista ovarium yang bahkan bisa merusak sistem kesuburan yang awalnya normal.
Apa gejala kista ovarium?

  • Rasa nyeri pada tulang panggul
  • Menstruasi yang tidak teratur
  • Pencernaan menjadi tidak lancar
  • Mudah merasa kenyang
  • Perut sering terasa kembung
  • Sulit buang air besar
Pencegahan kista ovarium
  • Menjaga pola makan yang baik. 
  • Konsumsi jumlah protein yang sehat untuk tubuh seperti protein yang bersumber dari hewan dan tumbuh-tumbuhan.
  • Biasakan untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah yang sangat baik untuk mencegah terjadinya masalah keseimbangan hormon dalam tubuh.
  • Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung hormon seperti produk kedelai.
Lalu apa pantangan makanan bagi penderita kista ovarium?

Patangan Makanan Bagi Penderita Kista Ovarium

1.Daging Unggas
Daging unggas yang dimaksud adalah daging yang berasal dari hewan ternak yang menggunakan obat-obatan kimia yang disuntikan pada unggas sehingga bobot unggas menjadi meningkat. Hormon yang disuntikan pada unggas yang mempunyai pengaruh yang buruk untuk kesehatan manusia.

2.Kurangi konsumsi seafood
Makanan laut tidak baik apalagi dikonsumsi berlebihan, apalagi bila anda menderita kista, kandungan lemak yang tinggi dapat memperburuk kondisi kesehatan anda. Kurangi konsumsi seafood bagi anda penderita kista.

3.Minuman beralkohol dan bersoda
Minuman beralkohol pada dasarnya akan memberikan pengaruh yang buruk pada kesehatan, tidak menutup kemungkinan bagi anda yang menderita kista atau pernah menderita kista. Begitu pula dengan minuman bersoda yang akan membuat penderita kista semakin parah.

4.Hindari sayuran tauge, Sawi putih dan kangkung
Jenis sayuran seperti tauge, sawi putih dan kangkung sebaiknya anda hindari. Makanan tersebut diindikasi mampu memicu pertumbuhan sel dengan cepat. Jika anda mengalami kista dan mengkonsumsi sayuran tersebut dikhawatirkan sel kista akan berkembang dengan lebih cepat dari biasanya.

5.Hindari buah buahan seperti durian, nangka, duku, lengkeng dan nanas
Buah-buahan memang sangat penting bagi tubuh, namun tidak semua buah memiliki sisi positif bagi penderita kista. Jenis buah diatas termasuk nangka dan lengkeng harus dihindari. Dikarenakan buah tersebut mengandung zat yang dapat mengembangkan sel kanker. Demikian juga dengan durian, nanas dan duku. Buah tersebut mengandung kadar alkohol. Hindari mengkonsumsinya karena berpotensi mengembangkan sel kanker

6.Makanan yang diawetkan
Tak diragukan lagi jika makanan berbahan pengawet bisa memicu kanker dan mengembangkan sel kanker lebih cepat. sebaiknya anda hindari.

Itulah Pantangan Makanan Bagi Penderita Kista Ovarium yang harus Anda hindari. Nah, bagi anda yang saat ini tengah menderita penyakit kista ovarium Anda tidak perlu khawatir atau cemas karena kini telah hadir pengobatan alternatif yang efektif, aman dan ampuh tanpa menimbulkan efek samping negatif yaitu dengan Obat Herbal Bersih Wanita. Untuk info lebih lengkapnya mengenai khasiat dan manfaat obat herbal bersih wanita Klik Disini 


Baca juga artikel lainya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Kunyit

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Kunyit artikelkesehatan08.blogspot.com - Permasalahan pada lambung rasanya sering dialami oleh ...