Selasa, 05 Juni 2018

Makanan Untuk Penderita Maag Saat Puasa

Makanan Untuk Penderita Maag Saat Puasa - Sakit maag atau yang sering disebut radang lambung atau tukak lambung ini adalah sebuah penyakit yang menyerang lambung yang disebabkan karena terjadinya luka maupun peradangan di lambung yang mengakibatkan sakit, mulas serta perih pada bagian perut. Baca juga: Cara mencegah hernia secara alami

Penyebab Sakit Maag
Penyebab utama yang paling umum adalah sebab penderitanya makan secara tidak teratur, adanya mikroorganisme yang merugikan, konsumsi obat-obatan tertentu maupun karena sebab yang lain seperti konsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan bahkan stres juga memicu seseorang untuk terkena sakit maag. 

Sakit maag ini juga dapat terjadi jika si penderita ini telah makan, selanjutnya pada waktu makan si penderita maag ini nantinya makan dengan porsi yang terlalu banyak. Dan untuk penderita maag yang sudah parah, maka penyakit maag tersebut juga sangat berbahaya sekali dan bisa mengakibatkan kematian.

Gejala Sakit Maag:
  • Perut kembung
  • Cepat menjadi kenyang
  • Nyeri pada ulu hati
  • Mual & muntah
  • Rasa nyeri seperti terbakar, panas, atau perih
Makanan Untuk Penderita Maag Saat Puasa



Nah, kalau anda memiliki gangguan lambung dan ingin mendapatkan puasa yang lancar dan tanpa gangguan, gunakan menu-menu di bawah ini.

1. Karbohidrat
Karena lambung akan memiliki kadar asam tinggi, kita tidak disarankan untuk mengkonsumsi jenis karbohidrat sederhana seperti nasi putih. Lebih baik mengkonsumsi jenis nasi merah yang kaya akan serat dan juga nutrisi.

Beras merah bisa diolah menjadi nasi yang nikmat untuk berbuka puasa. Kalau Anda bosan dengan nasi begitu saja, beras merah juga bisa diolah menjadi kudapan manis yang cocok untuk makanan pembuka.

Sementara itu untuk makan sahur, Anda disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks lain yang memberikan rasa kenyang lebih lama. Oat cukup disarankan untuk sahur karena bisa ditambah dengan apa saja termasuk susu atau buah-buahan.

2. Protein
Protein yaitu satu dari trio makro nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama puasa. Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis protein meski disarankan yang kadar lemaknya rendah seperti ayam tanpa kulit atau daging merah yang kandungan lemaknya sedikit.

Kandungan lemak pada protein sedikit dikurangi karena lemak hewani sedikit susah dicerna. Kondisi ini akan mengganggu kinerja dari lambung.

Saat mengolah protein juga usahakan untuk tidak terlalu pedas, asam, dan berminyak. Lebih baik mengolahnya menjadi makanan biasa saja asal rasanya enak dan tidak mengganggu perut.

3. Sayuran
Sayuran inilah yang sangat dibutuhkan untuk sahur dan berbuka puasa. Anda bisa mengolahnya menjadi apa saja entah itu berkuah atau langsung ditumis. Aneka sayuran hijau yang banyak serat juga wajib dikonsumsi karena banyak mengandung zat besi yang baik untuk peredaran darah.

Saat sahur atau berbuka puasa, usahakan untuk mengkonsumsi sayuran yang baru saja dimasak. Jangan mengonsumsi masakan yang terlebih dahulu dihangatkan atau sisa karena bisa mengganggu lambung.

4. Buah segar
Saat sedang puasa kita akan membutuhkan buah yang segar dan mengandung vitamin C. Namun, buah yang seperti ini kerap memberikan efek sakit pada perut karena rasa asamnya.

Nah, jika Anda ingin mengonsumsi buah segar yang mengandung vitamin C, tapi bukan jeruk ada jambu merah yang manis dan juga pepaya. Dua buah ini cocok untuk sahur dan berbuka.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini tentang Makanan Untuk Penderita Maag Saat Puasa, semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. 


Baca juga artikel kesehatan lainya:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Menambah Berat Badan Yang Sehat

Tips Menambah Berat Badan Yang Sehat - Untuk anda yang saat ini tubuhnya masih saja kurus ingin menaikan berat badan dengan cepat dan aman?...