Senin, 23 April 2018

6 Jenis Tanaman Obat Untuk Asam Urat

6 Jenis Tanaman Obat Untuk Asam Urat - Apa itu penyakit asam urat? asam urat adalah sejenis penyakit persendian yang menyebabkan rasa nyeri, pembengkakan dan panas pada sendi. Semua sendi-sendi di tubuh bisa saja terkena asam urat, akan tetapi asam urat lebih sering menyerang sendi jari, pergelangan kaki dan lutut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa laki-laki lebih rentan terserang asam urat dibanding wanita, terutama pada usia 30 tahunan ke atas. Sedangkan pada wanita akan lebih rentan terserang asam urat saat setelah mengalami menopause.



Sebenarnya asam urat dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan untuk meregenerasi sel-sel yang rusak. Peremajaan sel tubuh memerlukan zat asam urat yang juga bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas. Akan tetapi, kadar zat asam urat dalam tubuh memiliki ambang batas normal. Pada kaum laki-laki, ambang batas maksimal kadar asam urat dalam tubuh yaitu 7,5 mg/dL dan untuk kaum wanita yaitu 6,5 mg/dL. Baca juga: Artikel Kesehatan Lainya


Penyebab Asam Urat

1. Obesitas
Kalau Anda kegemukan, tubuh menghasilkan lebih banyak asam urat dan ginjal Anda lebih kesulitan menyingkirkan asam urat tersebut, sehingga sangat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ini.

2. Masalah Kesehatan
Penyakit tertentu bisa membuat Anda lebih mungkin mengembangkan asam urat tinggi. Misalnya darah tinggi yang tidak diobati dan penyakit kronis seperti diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung juga ginjal.

3. Obat-Obatan
Penggunaan obat diuretik thiazide umumnya digunakan untuk darah tinggi dan aspirin dosis rendah juga bisa menaikkan kadar asam urat. Sama halnya dengan obat anti-penolakan yang diresepkan untuk orang yang telah menjalani transplantasi organ.

4.Pola Makan
Mengonsumsi banyak daging dan seafood juga minuman manis dapat memicu kenaikan kadar asam urat, sehingga memperbesar risiko Anda terserang asam urat. Konsumsi alkohol, khususnya bir, juga meningkatkan risiko asam urat.

5. Usia dan Jenis Kelamin
Asam urat lebih sering dialami pria, terutama karena wanita cenderung punya asam urat yang lebih rendah. Tetapi setelah menopause, kadar asam urat wanita akan sebanding dengan pria. Pria juga mungkin lebih awal menderita asam urat biasanya antara 40 – 50 tahun sedangkan wanita biasanya setelah menopause. Baca juga: 

6. Riwayat Keluarga
Jika ada anggota keluarga yang menderita asam urat, maka Anda jadi lebih mungkin menderitanya juga.

7. Operasi atau Luka Berat
Baru saja menjalani pembedahan atau luka berat dikaitkan dengan peningkatan risiko berkembangnya penyakit asam urat. Baca juga: Bahaya Rematik Dan Cara Pengobatanya


Tanda-Tanda & Gejala Asam Urat:
  • Sendi bengkak dan lunak
  • Sendi kemerahan
  • Rasa panas di sekitar sendi
  • Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari
6 Jenis Tanaman Obat Untuk Asam Urat

Berikut ini beberapa tanaman tradisional untuk menyembuhkan penyakit asam urat , diantaranya:
  • Daun Salam

Di halaman tempat tinggal aku ada pohon salam tumbuh subur, serta daunnya senantiasa dipakai jadi bumbu masak. Terkadang karena sangat lebatnya, daun salam sukai disuruh oleh seseorang pedagang untuk di jual kembali. Mengingat banyak faedah daun salam terkecuali untuk rasa, juga untuk kesehatan kita, jadi telah pas Kamu cobanya. Tumbuhan satu ini nyatanya dapat juga dipakai untuk obat herbal asam urat serta penyajiannya yaitu dengan di rebus. Langkahnya, ambillah sebagian lembar daun salam, bersihkan hingga bersih lalu di rebus dengan 4 gelas air, sampai mendidih kurang lebih sisa 1 gelas, tuang ke gelas, biarlah sebagian menit, minum waktu hangat-hangat kuku. Kerjakan ini dengan terus-terusan hingga penyakit asam urat Kamu pulih.
  • Kumis Kucing

Kumis Kucing adalah tanaman yang termasuk juga kelompok famili lamicaeae/labiatae yang banyak didapati di Indonesia. Tanaman herbal ini diakui banyak memberi manfaat untuk kesehatan kita, satu diantaranya dipakai untuk obat tradisionil asam urat. Kamu ingin segera praktek dirumah, janganlah lupa bersihkan kumis kucing serta rebus dengan air seperlunya, kemudian Kamu minum saat hangat-hangat kuku. Tanaman ini sesungguhnya datang dari Afrika yang lalu menebar ke Asia termasuk juga Indonesia serta Australia. Tanaman ini dipandang jadi tanaman asli Indonesia karna orang-orang demikian familiar.
  • Tanaman anting anting (Acalypha australis L) 

adalah type tanaman yang telah di kenal mulai sejak dulu jadi tanaman bermanfaat untuk menyembuhkan sebagian jenis penyakit. Namanya mengingatkan kita pada perhiasan yang sering menumpang di telinga manusia, namun ini cuma satu nama tanaman herbal yang berguna untuk jadikan obat-obatan tradisionil untuk menyingkirkan beragam penyakit, salah satunya ialah penyakit yang terkait dengan peranan organ hati. Jika satu diantara organ vital pada badan manusia ini terganggu, jadi dapat di pastikan juga akan alami problem kesehatan yang serius. Oleh karenanya, sebelumnya terlambat, tambah baik menghindar dengan konsumsi air rebusan daun anting anting yang bermanfaat untuk bersihkan organ hati. Diluar itu, khsiat tanaman anting anting juga dapat tingkatkan nafsu makan dan jadi anti radang, anti biotik, peluruh seni, anstringent, serta hentikan pendarahan (hemostatik). Langkah memakainya dengan merebus sebagian lembar daun atau batang anting anting serta minum sehari-hari, mudah-mudahan badan Kamu sehat kembali.
  • Brotowali

Tanaman herbal ini sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Termasuk asam urat. Rasannya pahit tapi mengandung berbagai zat yang berguna.Kandungan didalam brotowali, akan membantu menghancurkan purin dan membuat kandungan purin dalam tubuh berkurang. Anda bisa merebus brotowali dan meminum airnya. Atau membuat jus dari brotowali.
Untuk menghilangkan rasa pahitnya, bisa ditambah dengan sedikit madu. Selain bisa menyembuhkan asam urat. Brotowali juga bisa menyembuhkan kolesterol, tekanan darah tinggi, menyembuhkan diabetes dan masih banyak lainnya.
  • Teh Hijau
Teh hijau tidak hanya digunakan untuk program diet anda. Tetapi juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Kandungan polifenol, epigallocatechin 3 gallate pada teh hijau bisa membantu menghancurkan penumpukan asam urat. Selain itu bisa mencegah terjadinya peradangan. Anda bisa minum teh hijau 2 hari sekali. Selain bisa menurunkan berat badan, juga bisa menyembuhkan penyakit asam urat anda.
  • Meniran
Tanaman ini memiliki banyak faedah untuk kesehatan kita, satu diantaranya untuk menaikkan ketahanan badan. Penasaran ingin cobalah manfaat sehat tanaman herbal bermanfaat obat untuk asam urat yang dengan tradisionil sudah dipakai mulai sejak jaman nenek moyang kita ini, baca langkah penggunaannya. Begitu simpel untuk obat yang diminum, rebus 15–30 gr daun meniran kering atau 30–60 gr daun meniran fresh. Lantas, air rebusannya diminum teratur sehari-hari, mudah-mudahan badan Kamu makin sehat serta fresh bugar. Langkah beda, tumbuk daun meniran fresh, lantas peras. Air yang terkumpul diminum. Untuk penggunaan luar, bersihkan daun fresh, lantas giling hingga halus. Tambahkan bahan itu ke tempat yang sakit, lalu dibalut.

Itulah 6 Jenis Tanaman Obat Untuk Asam Urat yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.


Baca Juga Artikel Lainya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya - Napas tak sedap atau bau mulut, tentu saja sesuatu yang memalukan. Bau mulut juga bisa menunju...