Senin, 05 November 2018

Macam-Macam Tanaman Obati Diabetes


Macam-Macam Tanaman Obati Diabetes - Diabetes atau penyakit gula merupakan penyakit kronis yang jika tidak diobati dapat menyebabkan bahaya, seperti kerusakan pada mata, saraf, dan ginjal. Gejala umum diabetes adalah kelelahan, kebingungan, mual, dan frekuensi buang air kecil meningkat. Tapi, gejala ini tidak bisa dijadikan patokan pakem untuk menentukan seseorang mengalami diabetes atau tidak, terutama diabetes tipe-2 (diabetes yang lebih disebabkan oleh gaya hidup tak sehat). Baca juga: Obat luka diabetes

Dari sudut pandang fungsi hormon insulin, diabetes dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:

1. Diabetes Tipe 1
Pada penderita diabetes tipe 1, yang terjadi di dalam tubuh penderitanya adalah hormon insulin gagal diproduksi oleh organ pankreas miliknya. Dengan demikian, gula yang ada di dalam darah terlalu banyak dan gagal menjadi energi karena jumlahnya terlalu banyak dibandingkan jumlah hormon insulin.

2. Diabetes Tipe 2
Pada pasien diabetes tipe 2, apa yang terjadi pada tubuh mereka berbeda dengan diabetes tipe 1. Kondisi jumlah hormon insulin pada penyandang diabetes tipe 2 dapat dikatakan cukup menyeimbangkan jumlah kadar gula. Namun, yang terjadi adalah hormon insulin mengalami kelainan fungsi. Yakni gagal menyerap dan mengubah gula menjadi energi.

Pada penderita diabetes tipe 2, kondisi tubuh mereka berbeda dengan penderita diabetes tipe 1. Jumlah hormon insulin pada penderita diabetes tipe 2 dapat dikatakan dengan cukup menyeimbangkan jumlah kadar gula dalam tubuh. Namun, yang terjadi pada tubuh mereka yaitu hormon insulin mengalami kelainan fungsi, yakni gagal menyerap dan mengubah gula menjadi energi. Ketika hormon insulin gagal melakukan fungsinya membantu mengubah gula menjadi energi, maka hal yang dapat terjadi adalah kadar gula di dalam darah menjadi meningkat dan gagal berubah menjadi energi.

Gejala-gejala diabetes:
  • Nafsu makan sangat banyak
  • Sangat mudah haus
  • Banyak buang air kecil
  • Kondisi badan selalu merasa lemas disertai juga dengan berat badan yang menurun secara drastis.
Jika anda sudah merasakan gejala-gejala seperti diatas, maka jangan biarkan begitu saja segera periksakan diri anda ke dokter. Nah, bagi anda yang sudah divonis penyakit diabetes segeralah obati sekarang juga dengan ramuan-ramuan herbal berikut ini.

Macam-Macam Tanaman Obati Diabetes


1. Daun Kemangi
Apa yang pertama kali muncul di pikiran anda ketika mendengar kata kemangi? Ya, daun yang biasanya kerap disajikan sebagai lalapan ini memiliki khasiat yang cukup ampuh dalam mengatasi diabetes.

Pada daun kemangi, diketahui terdapat kandungan zat yang berfungsi untuk membantu proses sekresi insulin. Ketika insulin dapat di produksi dengan baik, berarti pengaturan kadar gula dalam tubuh pun juga akan membaik.

2. Daun salam
Daun yang memiliki aroma harum dan sering digunakan dalam memasak ini ternyata juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan diabetes. Dalam daun salam tedapat kandungan flavanoid, yang merupakan senyawa paling berjasa dalam menurunkan kadar gula darah.

3. Mengkudu
Buah yang dianggap memiliki aroma kurang sedap oleh beberapa orang ini, ternyata memiliki banyak manfaat dalam proses penyembuhan diabetes.

Mengkudu memiliki banyak kandungan vitamin, kalium, serat alami, fosfor, serta nutrisi yang lainnya. Dalam buah mengkudu juga memiliki antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu membantu proses penyembuhan diabetes.

4. Lidah Buaya
Tanaman yang sering dikenal dapat menjaga kesuburan rambut ini telah terbukti dapat membantu proses penyembuhan diabetes juga.

Dalam lidah buaya terdapat gel bening yang ada di balik kulitnya. Meskipun aromanya yang kebanyakan orang tidak suka, ternyata kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya mampu membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

5.Daun Sambiloto
Dibalik rasa pahit yang dimiliki daun ini, ternyata tersimpan khasiat yang mampu membantu proses penyembuhan pada penderita diabetes. Kandungan flavanoidyang ada di dalam daun ini mampu membantu proses sekresi insulin di dalam tubuh.


6.Daun sirsak
Daun sirsak juga merupakan tanaman obat yang mampu memberikan khasiat dalam penyembuhan diabetes.

Namun untuk pemilihan daun sirsak yang akan dijadikan herbal penyembuh tidak bisa sembarang. Karena anda harus memilih daun sirsak yang masih muda untuk kemudian direbus dan airnya diminum untuk membantu mengatasi gejala diabetes.

7. Mahkota Dewa
Mahkota dewa adalah salah satu tumbuhan yang hampir selalu ada di dalam kandungan obat diabetes. Hal ini dikarenakan mahkota dewa memang terbukti memiliki khasiat yang bagus untuk membantu tubuh dalam mengelola gula darah.



Itulah diatas Macam-Macam Tanaman Obati Diabetes, yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami www.artikelkesehatan08.blogspot.com





Baca juga artikel lainya:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya - Napas tak sedap atau bau mulut, tentu saja sesuatu yang memalukan. Bau mulut juga bisa menunju...