Kamis, 15 November 2018

Makanan Pasca Operasi Usus Buntu Yang Di Anjurkan


artikelkesehatan08.blogspot.com - Setelah pasca operasi pastinya Anda harus menghindari atau bahkan mengkonsumsi beberapa jenis makanan agar cepat sehat kembali. Nah, makanan bagi orang yang baru saja operasi biasanya berupa makanan lembut yang mudah dicerna. Dengan begitu organ pencernaan manusia tidak bekerja begitu keras setelah melakukan operasi. Hal ini akan membantu penyembuhan terhadap penyakit pula, terlebih penyakit usus buntu.

Berikut Beberapa Makanan Pasca Operasi Usus Buntu Yang Di Anjurkan

Buah-buahan
Buah-buahan diketahui memiliki beragam kandungan yang dapat menyehatkan tubuh. Buah – buahan juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pasien pasca operasi usus buntu. Dengan kandungan  beragam yang bermanfaat untuk tubuh, buah – buahan dapat dijadikan makanan yang dapat mempercepat pemulihan pasca usus buntu. Namun, tidak dianjurkan mengkonsumsi buah nanas dan semangka karena buah tersebut mengandung banyak serat yang dapat memperberat kinerja usus besar. Buah yang baik dikonsumsi setelah opersi usus buntu adalah seperti jeruk, alpukat atau papaya karena buah tersebut memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna.

Minum Yakult atau Yoghurt
Jika kondisi luka bekas operasi usus buntu sudah benar-benar kering dan sembuh, ada baiknya setelah masa pemulihan usus buntu berakhir kalian rutin merawat kesehatan usus dengan mengkonsumsi yakult atau yoghurt. Hal ini berkaitan dengan kandungan bakteri baik atau probiotik yang terkandung di dalam yakult maupun yoghurt. Kandungan bakteri baik ini dapat membantu proses pembersihan usus dan juga pengusiran bakteri jahat yang bisa menganggu kinerja sistem perncernaan. Konsumsi yakult ataupun yoghurt secara rutin juga dapat mengurangi resiko timbulnya radang usus lain untuk yang kedua kalinya.

Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Air
Memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan sangat penting. Hal ini dapat mengurangi resiko dehidrasi dan masalah pencernaan yang banyak dialami oleh pasien usus buntu. Sembelit bukan saja menandai bahwa seseorang mengalami gejala usus buntu, banyak pasien pasca menjalani operasi usus buntu juga mengeluhkan terjadinya sembelit. Untuk menanggulangi masalah tersebut ada baiknya kalian yang telah menjalani operasi pasca usus buntu memperbanyak asupan cairan ke tubuh. Bisa dengan minum banyak air putih atau dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti melon, jeruk atau sayuran berkuah seperti sayur sop atau sayur labu.

Makanan Untuk Menguatkan Usus
Antibiotik biasanya diberikan setelah operasi untuk mengurangi efek berbahaya dari operasi. Namun antibiotik bisa mematikan bakteri baik dalam usus sehingga memengaruhi sistem kekebalan. Makanan fermentasi, seperti, kacang-kacangan, adalah sumber utama makanan untuk memperkuat usus.



Demikianlah informasi tentang Makanan Pasca Operasi Usus Buntu Yang Di Anjurkan, yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Sponsor by:





Baca juga artikel lainya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya - Napas tak sedap atau bau mulut, tentu saja sesuatu yang memalukan. Bau mulut juga bisa menunju...