Minggu, 23 September 2018

Penyebab Migrain Dan Cara Mengatasinya



Penyebab Migrain Dan Cara Mengatasinya - Migrain adalah gangguan sakit kepaala yang terjadi hanya pada satu sisi saja. Seseorang yang terkena migrain biasanya bervariasi, ada beberapa orang yang mengalami migrain satu atau dua kali dalam setahun, namun ada juga yang mengalami migrain hampir setiap minggu. Sakit migrain biasanya akan muncul pada usia dewasa. Migrain lebih sering diderita oleh kaum wanita.

Jenis-Jenis Migrain
  • Migrain dengan aura
Jika migrain tanpa aura muncul secara tiba-tiba, maka lain halnya dengan migrain dengan aura. Migrain dengan aura biasanya akan muncul dengan diawali oleh gejala-gejala tertentu. Sebelum migrain menyerang, biasanya akan muncul beberapa gejala seperti masalah penglihatan (kilatan cahaya pada mata), kekakuan pada leher, pundak, dan anggota tubuh. Sekitar 20% pengidap sakit kepala sebelah mengalami migrain jenis ini. Migrain jenis ini juga biasa disebut dengan migrain klasik. 
  • Migrain tanpa aura
Migrain tanpa aura merupakan migrain yang menyerang tanpa disertai dengan tanda-tanda atau peringatan. Biasanya rasa sakit akan langsung menyerang penderitanya tanpa ada gejala-gejala awal yang diperlihatkan. Sekitar 75% pengidap bahaya sering migrain mengalami sakit kepala jenis ini.
  • Aura migrain tanpa sakit kepala
Jika kedua jenis migrain yang telah disebutkan di atas akan menyebabkan gejala sakit kepala sebelah, maka lain halnya dengan aura migrain tanpa sakit kepala belakang. Aura migrain tanpa sakit kepala biasanya akan diawali dengan tanda-tanda migrain seperti masalah penglihatan (kilatan cahaya pada mata), kekakuan pada leher, pundak, dan anggota tubuh, namun gejala-gejala migrain tersebut tidak diikuti dengan rasa sakit pada kepala.

Penyebab Migrain
  • Faktor genetik
  • Faktor hormon
  • Faktor stress
  • Faktor makanan & minuman
  • Faktor kelelahan
  • Faktor kondisi fisik dan kebiasaan
Cara Mengatasi Migrain

1. Istirahat cukup
Meskipun Anda dikejar oleh banyak pekerjaan, namun Anda harus tetap beristirahat dengan cukup. Tidurlah selama 6 sampai 8 jam per hari. Tidur cukup akan membantu proses regenerasi sel sehingga kinerja organ tubuh juga lebih optimal pada saat bangun.

2. Menghindari Stres

Salah satu pemicu migrain adalah stres. Ada baiknya Anda mengatur pola pekerjaan dan menghindari stres. Lakukan relaksasi secara berkala sehingga pikiran akan lebih terasa ringan. Jika pikiran terasa rileks, peredaran darah akan lebih lancar sehingga aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi penting ke otak menjadi lebih baik.

3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Untuk melancarkan peredaran darah maka Anda harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Minumlah air putih 8 gelas atau 2 liter per hari agar tubuh tidak kekurangan cairan.

4. Mengatur pola makan
Usahakan agar Anda selalu mengatur pola makan. Makanlah dengan teratur dan pilihlah asupan makanan dengan nutrisi seimbang agar badan lebih sehat. Untuk menghindari kemungkinan migrain, Anda juga bisa menghindari beberapa jenis makanan seperti keju, coklat, makanan dengan banyak MSG, krim asam, kismis, buah beraroma sitrus, alkohol, dan minuman berkafein.

5. Olah raga teratur
Olah raga adalah salah satu aktifitas dengan segudang manfaat. Salah satu manfaat berolah raga adalah melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah lancar, aliran oksigen dan nutrisi ke otak akan lebih lancar sehingga migrain dapat dicegah.

Itulah cara-cara diatas yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasiah sudah berkunjung di blog kami www.artikelkesehatan08.blogspot.com


Baca juga artikel lainya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ciri-Ciri Dan Penyebab Thalasemia

Ciri-Ciri Dan Penyebab Thalasemia Thalasemia adalah penyakit turun menurun di mana penyakit ini akan menyerang sistem produksi hem...