Minggu, 02 September 2018

Macam-Macam Komedo Dan Cara Menghilangkanya


artikelkesehatan08.blogspot.com- Macam-Macam Komedo Dan Cara Menghilangkanya Komedo adalah papula atau benjolan kecil yang ada di permukaan wajah dengan memiliki ciri khas berwarna hitam. Komedo sendiri termasuk keluarga jerawat yang masih ringan dan umumnya suka muncul di wajah baik lelaki maupun perempuan. Malahan di berbagai daerah komedo kerap disebut sebagai ciri ketuaan.

Jenis-Jenis Komedo

1. Komedo Hitam
Berkebalikan dengan komedo putih, komedo hitam sudah tidak lagi ‘suci’ karena sudah ‘muncul’ keluar kulit sehingga menjadi terekspos dan teroksidasi oleh udara dan kotoran dari luar. Karena warnanya yang hitam, dapat memudahkan Anda untuk menangkap gejala kalau kondisi wajah Anda sedang kurang fit. Di sisi lain, warna hitam tersebut juga dapat mengganggu penampilan Anda, kan.

Sama dengan komedo putih, makanan manis dapat menjadi penyebab komedo hitam muncul di wajah. Bagi Anda yang mudah berkeringat, juga dapat memicu tumbuhnya komedo hitam Selain itu, aktivitas mencukur dan konsumsi obat-obatan yang mengandung steroid juga dapat memicu komedo ini.

2. Komedo Putih
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, komedo tidak selalu berwarna hitam. Ada juga yang dikenal dengan komedo putih. Penyebab komedo putih muncul juga tidak banyak perbedaan, adalah karena penumpukan sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang menyumbat pori-pori di kulit wajah.

Bedanya, tumpukan yang kemudian menjadi komedo tersebut masih belum muncul dan terlindungi oleh jaringan kulit. Artinya, komedo belum terekspos dan belum teroksidasi oleh udara dan kotoran dari luar, sehingga masih ‘suci’ dan berwarna putih.

Oleh karena warnanya yang putih, banyak yang tidak sadar dengan kehadiran si bintik kecil ini. Padahal, seperti yang disebutkan sebelumnya, kemunculan komedo bisa jadi penanda kalau kondisi kulit wajah Anda harus diperhatikan kebersihannya.

Faktor makanan diyakini bisa jadi penyebab komedo putih muncul di kulit wajah. Makanan mengandung hormon seperti produk skim milk dapat memicu tumbuhnya komedo putih. Susu kedelai dinilai jauh lebih sehat dan aman dikonsumsi.

Selain itu, makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga dapat memicu komedo ini. Pasalnya, makanan manis dapat memicu produktivitas insulin dan meningkatkan hormon testosteron dalam tubuh.

Cara Menghilangkan Komedo

Membersihkan wajah dengan rajin bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah timbulnya komedo. Anda sebenarnya bisa mengangkat komedo dengan cara memencet kulit di sekitar komedo agar keluar. Akan tetapi, ini dapat memperparah kondisi, misalnya malah menimbulkan peradangan yang sebelumnya tidak ada. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah melakukan facial atau menggunakan strip pori.

Jika komedo masih membandel, Anda mungkin perlu untuk memeriksakannya ke dokter kulit. Dokter kulit bisa merekomendasikan obat yang untuk membantu membersihkan komedo sesuai jenis kulit Anda.

Itulah Macam-Macam Komedo Dan Cara Menghilangkanya, yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Terimakasih Atas Kunjungan Anda !



Baca juga artikel lainya:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mencegahnya - Napas tak sedap atau bau mulut, tentu saja sesuatu yang memalukan. Bau mulut juga bisa menunju...